,

5 Final Liga Champion Paling Dramatis

5 Final Liga Champion Paling Dramatis

Oleh: Arief Luqman (Ketua Komunitas Bola FISIP)

 1. AC Milan vs Liverpool (2005)

liverpool 2005Pertandingan final champions league antara AC Milan dengan Liverpool pada tahun 2005 diadakan di Istanbul dengan menahan skor seimbang 3-3 selama 90 menit. Pada babak pertama permainan diambil alih oleh AC Milan dengan mencetak gol 3-0 yang diberikan oleh Crespo (2 kali) dan Maldini. Namun Liverpool membalas serangan dengan mencetak 3 skor yang diberikan oleh Gerrard, Xabi Alonso, dan Smicer hanya dalam kurun waktu 6 menit saja. Pinalti di akhir pertandingan dimenangkan oleh Liverpool dengan skor 3-2.

 2. Manchester United vs Bayern Munchen (1999)

mu 1999

Pertandingan yang dilangsungkan di Camp Nou ini dimenangkan oleh MU dengan skor akhir 2-1. Munchen adalah pencetak gol pertama di menit ke 6 oleh Mario Basler. Selanjutnya MU menyusul ketinggalannya di injury time menit pertama dan ketiga oleh Sheringham dan penentu kemenangan oleh Solskjaer

 3. Chelsea vs Bayern Munchen (2012)

chelsea 2012

Pertandingan final champions league pada tahun 2012 dimenangkan oleh Chelsea yang melawan Bayern Munchen dengan skor akhir pinalti 4-3 yang sebelumnya bertahan pada skor seri 1-1 pada Allianz Arena. Muller dari Munchen memasukan gol pertama pada pertandingan pada menit ke 82 namun tak berselang 10 menit, Drogba membalas serangan dan mencetak gol pada menit ke 87 yang memberikan hasil seri hingga akhir pertandingan. Extra time yang diberikan oleh wasit sebesar 2 x 15 menit tidak memberikan perubahan pada skor pertandingan hingga akhirnya pinalti dilakukan antara Chelsea dengan Munchen. Pada ajang pinalti, Munchen sempat unggul dari Chelsea dengan skor 2-1 dan 3-2 namun kemenangan didapat oleh Chelsea dengan skor 4-3 walaupun sempat tidak mencetak gol oleh Mata. Penguasaan bola dalam pertandingan tersebut sebesar 70 untuk Munchen dan 30 untuk Chelsea. Drogba memperoleh predikat MVP (Most Valuable Player) pada pertandingan ini.

4. Barcelona vs Arsenal (2006)

Barcelona 2006

Pertandingan final tahun 2006 ini sepertinya terasa pahit oleh Arsenal karena penjaga gawangnya mendapatkan kartu merah dari wasit. Pertandingan dimenangkan oleh Barcelona dengan skor 2-1 atas Arsenal yang disumbang oleh Eto’o dan Belleti. Gol untuk Arsenal dicetak oleh Compbell.

5. Manchester United vs Chelsea (2007)

mu 2007

Pertandingan final champions league pada tahun 2007 diadakan di Moscow antara Manchester United melawan Chelsea. Selama pertandingan 90 menit, kedua klub hanya bisa menahan skor seri 1-1 dan menghasilkan pinalti untuk kedua klub tersebut. Pinalti dimenangkan oleh Manchester United dengan perolehan skor 6, berbeda 1 skor dari Chelsea yang mendapatkan skor 5. Kegagalan pinalti pada Chelsea dikarenakan Terry (5) gagal mecetak gol karena terpeleset dan Aneika (7) yang gagal mencetak gol pada saat sudden death.