#AmaBillyBercerita: #AmaBillyPamit

 

Hampir satu tahun sudah, BEM FISIP UI berusaha memberikan yang terbaik dan menjalankan setiap amanah dengan semaksimal mungkin. Dalam satu tahun ini, telah banyak hal yang dihasilkan oleh BEM FISIP UI. Berbagai kegiatan dan inovasi telah kami luncurkan. Berbagai kegiatan dan pelaksanaan di paruh pertama dapat disaksikan di Newsletter kami di http://bem.fisip.ui.ac.id/newsletter-bem-fisip-ui-agustus-2016/ . Sedangkan di paruh kedua, ini kami awali dengan cerita #SEPTEMBERGERAK yang dapat dibaca di sini http://bem.fisip.ui.ac.id/septembergerak

#OKTOBERKARYA

Dua bulan menuju akhir perjalanan. Oktober menjadi bulan yang penuh dengan karya-karya mahasiswa FISIP dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM FISIP UI. Pertama, pada bidang Kreasi Mahasiswa, terdapat dua departemen yang melaksanakan beberapa program kerjanya. Pada Departemen Olahraga, terdapat Liga FISIP UI yakni ajang kompetisi olahraga bagi rekan-rekan mahasiswa FISIP se-Jabodetabek. Liga FISIP UI pada tahun ini merupakan ajang yang pertama kali dilaksanakan oleh BEM FISIP UI dan mencetak sejarah baru bagi kompetisi olahraga FISIP. Kemudian, setelah berjalan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya pada bulan ini juga terdapat penutupan FISIP Premier Games dengan Departemen Kriminilogi sebagai juara umum, Departemen Komunikasi sebagai juara kedua, dan Departemen Kesejahteraan Sosial sebagai juara ketiga FISIP Premier Games. Selamat, selamat, dan selamat!

Masih di bidang Kreasi Mahasiswa, terdapat Departemen Seni Budaya yang pada bulan ini memberikan kejutan kepada warga FISIP. Dengan program kerja yang bernama Kejutan Senbud, Departemen Seni Budaya hadir untuk memberikan sarana berkumpulnya kembali rekan-rekan FISIP yang sedang lelah dan penat menghadapi berbagai kegiatan dan ujian yang ada. Melalui trampolin dan berbagai hadiah, Kejutan Senbud memberi warna dan menjadi sarana mahasiswa FISP untuk lari dari penatnya kegiatan mahasiswa.

Selanjutnya di bidang Sosial Politik, terdapat berbagai program kerja yang dilaksanakan pada bulan ini. Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FISIP UI bersama dengan departemen Kastrat BEM Se-UI menggelar aksi evaluasi dua tahun Jokowi. Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2016 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Selanjutnya yakni Departemen Advokasi Kesejahteraan Masyarakat (Adkesma) yang pada bulan ini meluncurkan inovasinya yaitu Peluncuran MAFIA. MAFIA merupakan kanal aspirasi dan pengaduan online yang dapat digunakan untuk mahasiswa FISIP UI untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan terkait fasilitas, akademis, kebersihan dan keamanan yang ada di FISIP UI. Sudahkah kamu mencoba MAFIA? Langsung saja coba di http://bem.fisip.ui.ac.id/mafia.

Kemudian, pada bulan ini, dari Bidang Keilmuan dan Kemahasiswaan, terdapat beberapa program kerja yang telah dilaksanakan. Pada bulan ini Departemen Kewirausahaan dan Kepemimpinan (KPK) telah melaksanakan seminar pasca kampus dengan tema “Kewirausahaan Sosial untuk Pembangunan Berkelanjutan” dan juga melaksanakan Pembukaan Fisip Young Leader (FYL). Pembukaan FISIP Young Leaders, yang bekerja sama  dengan Young On Top, mengadakan seminar kepemimpinan berjudul Let’s Take A Risk or Lose The Chance. Selanjutnya, Departemen Keilmuan juga memiliki berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada bulan ini, seperti Pelaksanaan LIMAS, yakni sebuah kompetisi keilmuan antar departemen FISIP UI. Pada acara ini terdiri dari berbagai mata cabang lomba seperti debat bahasa Inggris, debat bahasa Indonesia, trivia dan berbagai mata cabang lomba lainnya.

Pada bulan ini, indahnya tali silaturahmi kami rasakan kembali. BEM FISIP UI 2016 mengadakan BEM Gathering, sebuah ajang berkumpulnya kembali alumni-alumni BEM FISIP UI antar angkatan. Diharapkan dengan dilaksanakannya program kerja ini, maka akan dapat meningkatkan silaturahmi dan rasa kekeluargaan satu sama lain sebagai satu keluarga besar BEM FISIP UI.

Tidak lupa, dengan penuh kebanggaan, kami, BEM FISIP UI, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada kontingen FISIP untuk Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia (OIM UI). Apresiasi setinggi-tingginya dan rasa terima kasih sepenuh hati dari kami, atas kerja keras dan usaha yang telah diberikan para kontingen OIM UI dalam ajang perlombaan ini. Selayaknya yel-yel yang selalu didengungkan, “Bangga mendukungmu hai jagoan! Bangga bisa bersamamu kawan!”

 

#NOVEMBERSAMA

Satu bulan menuju kebersamaan ini berakhir, November menjadi bulan yang penuh dengan kebahagiaan. Kami awali cerita di bulan November ini dari Bidang KDK, yang melaksanakan FISIP Young Leader dan Olimpiade Ilmu Sosial. Pada tahun ini, Departemen Kepemimpinan dan Kewirausahaan telah meluncurkan FISIP Young Leader, sebuah acara pelatihan kepemimpinan yang dahulu lebih dikenal dengan nama PDKT FISIP UI. Kegiatan FISIP Young Leader ini diawali dengan opening berupa seminar bersama dengan Young On Top, dilanjutkan dengan sesi Mission Impossible, Role Play dan diakhiri dengan Malam Apresiasi Peserta FISIP Young Leader. Para peserta juga meluncurkan inovasi social project, yakni Rumah Tontonan Anak (Rutan). Selanjutnya, bulan ini juga dilaksanakan Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) FISIP UI ke-13, dengan peningkatan jumlah partisipasi peserta dari tahun-tahun sebelumnya sejumlah 35 tim. OIS FISIP UI yang diselenggarakan selama 6 hari ini, akhirnya menjadikan SMA Taruna Nusantara sebagai Juara Umum OIS FISIP UI ke 13.

Selanjutnya, pada bulan ini, Bidang Sosial Politik melalui Departemen Sosial Masyarakat juga terdapat program kerja Fisip Cinta Lingkungan dan FISIP Ceria. FISIP Cinta Lingkungan merupakan sebuah program kerja yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa FISIP UI terhadap lingkungan. Program kerja ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak paruh pertama kepengurusan BEM FISIP UI 2016, yang diawali dengan Campaign FISIP Cinta Lingkungan, Curanmor, Bank Sampah Kertas dan Camp bersama peserta FISCIL dan diakhiri dengan Semiar FISCIL. Selanjutnya, masih di Departemen Sosial dan Masyarakat, dilaksanakan FISIP Ceria. Program ini ditujukan untuk lebih merekatkan hubungan antara mahasiswa, pedagang dan satpam. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, di mana pada hari pertama terdapat games pertandingan antara mahasiswa, SATPAM dan pedagang. Di hari kedua dilanjutkan dengan lomba panjat pinang antara Tim SATPAM FISIP dan tim pedagang FISIP, yan dilanjutkan dengan Futsal bareng antara mahasiswa, pedagang dan SATPAM.

Kebersamaan FISIP semakin terasa dengan pelaksanaan UI Art War dan Olimpiade UI 2016. Dukungan sepenuh hati yang diberikan dari publik FISIP dan usaha terbaik yang diberikan dari kontingen dan tim persiapan, semakin membuat tahun ini semakin gemerlap. Keberhasilan FISIP dengan menjadi Juara Umum UI Art War tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen yangaada di FISP UI. Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen dan tim persiapan baik bagi UI Art War 2016 dan Olimpiade UI, yang akhirnya dapat memberikan yang terbaik bagi FISIP. Selayaknya yel-yel yang selalu didengungkan, “Bangga mendukungmu hai jagoan! Bangga bisa bersamamu kawan!”

 

 

#DESEMBERPAMIT

Dalam sebuah perjalanan pasti akan ada ujung akhir perjalanan itu sendiri. Selayaknya BEM FISIP UI 2016 yang telah sampai pada ujung akhir perjalanan mengabdi untuk FISIP UI 2016. Bulan Desember ini, diawali dengan Gelas Maba FISIP UI 2016 yang mengusung tema Sapta Budaya “Tercipta untuk Mencipta” yang menghasilkan Ilmu Komuniksi sebagai Juara Umum 1, Kriminologi sebagai Juara Umum 2 dan Antropologi sebagai Juara Umum 3. Dilanjutkan denan FISIPRESIASI 2016 yang merupakan ajang penutup kegiatan BEM FISIP UI 2016 dan sleuruh lebaga yang ada di FISIP serta sebagai ajang apresiasi terhadap seluruh elemen FISIP UI yang telah memberikan yang terbaik bagi FISIP UI. Pada FISIPRESIASI 2016 ini juga diluncurkan portal satufisip.com yang merupakan hasil kerjasama antar lembaga yang ada di FISIP UI. Kemudian, dilanjutkan dengan Departemen Adkesma yang pada bulan Desember ini berhasil melakukan pertemuan dengan Dekan dan jajarannya serta memberikan buku “ Dari Kami untuk Dekan” yang merupakan dokumentasi kegiatan advokasi di tahun 2016 dan sarana penyampaian aspirasi mahasiswa FISIP ke dekanat. Kemudian, pada bulan ini, bersama dengan Forbama, telah berhasil PDKK IKM FISIP UI menjadi UUD KM FISIP UI setelah tertunda selama bertahun-tahun.

 

Selain beberapa kegiatan yang telah kami laksanakan di atas, berikut terdapat beberapa rangkuman usaha yang dilakukan BEM FISIP UI selama satu tahun.

INTERNAL

  1. Berhasil mewujudkan inovasi dalam pengembangan internal pengurus BEM melalui pembagian Divisi Pengembangan dan Kekerabatan di dalam Biro PSDM
  2. Pengurus BEM FISIP UI 2016 lengkap 100% hingga akhir kepengurusan

 

ADVOKASI

  1. Setelah beberapa tahun menunggu, Wi-Fi Takor telah terpasang dan bisa dinikmati anak FISIP
  2. Setelah sempat mandek di awal tahun, lapangan olahraga FISIP akhirnya telah rampung direnovasi dan diresmikan di akhir tahun.
  3. Berhasil mengadvokasikan perbaikan lapangan bulutangkis.
  4. Berhasil mengadvokasikan berbagai perbaikan fasilitas kampus lainnya seperti Toilet, Teater Kolam, dll.
  5. Menerbitkan Buku “Dari Kami untuk Dekan” sebagai dokumentasi kegiatan advokasi di tahun 2016 dan sarana penyampaian aspirasi mahasiswa FISIP ke dekanat.
  6. Tergabung dalam Gerakan UI Bersatu yang berhasil membatalkan kenaikan biaya BOPB

 

INOVASI

  1. Telah diluncurkan inovasi kanal pelaporan terpadu terkait keluhan fasilitas maupun masalah kesejahteraan mahasiswa, Muara Aspirasi FISIP Kita (MAFIA).
  2. Terlaksananya kegiatan inovasi di bidang olahraga, LIGA FISIP UI, kompetisi futsal & basket eksternal pertama yang diselenggarakan BEM FISIP UI. Peserta LIGA FISIP UI adalah kampus-kampus Sosial-Humaniora dan untuk tahun 2016 lingkupnya se-Jabodetabek.
  3. Terlaksananya kegiatan inovasi di bidang pergerakan yaitu Festival Kota Kastrat (FKK). FKK adalah kegiatan berskala nasional yang diikuti kampus-kampus dari seluruh Indonesia demi peningkatan partisipasi publik dalam perumusan kebijakan kota.
  4. Melakukan rebranding dan format ulang kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terpadu (PDKT) menjadi FISIP Young Leaders (FYL). Peserta FYL kemudian telah meluncurkan inovasi social project, Rumah Tontonan Anak (RUTAN).
  5. Menerbitkan kembali Buku Sakti FISIP UI sebagai buku panduan bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal lingkungan, kegiatan dan mempermudah beradaptasi dengan FISIP UI.
  6. Melalui kegiatan FISIP Cinta Lingkungan (FISCIL), berhasil membuat Bank Sampah Kertas (BATAS) yang inovatif dan menarik.
  7. Untuk pertama kalinya, menyelenggarakan Belajar Bareng #SATUFISIP menjelang UTS dan UAS.
  8. Mendorong terbentuknya komunitas bidang keilmuan baru, Jingga Book Club

 

LAINNYA

  1. Berhasil meningkatkan partisipasi terhadap pengembangan pengetahuan siswa/i SMA terhadap ilmu sosial melalui peningkatan jumlah peserta OIS yakni 35 tim.
  2. Menginisiasi pendanaan BEM yang lebih mandiri dengan menyelenggarakan tes minat bakat dan try out melalui TEKAT dan Gravity.
  3. Melalui FISIP4UIAW, membantu membawa FISIP UI Juara 1 UI Art War 2016
  4. Melalui program kolaborasi, Jingga Peduli, berhasil membantu 6 kasus yang didera warga FISIP pada tahun 2016 ini dengan total bantuan dana yang terkumpul Rp. 112.865.512,-. Jingga Peduli juga memiliki inovasi di tahun ini untuk mengampanyekan terkait Penyintas Kekerasan Seksual.
  5. Terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat, FISIP Masuk Desa 2016, dan menerbitkan buku “Catatan Perjalanan FMD”
  6. Menerbitkan Buku Kaleidoskop FISIP UI 2016

 

BERSAMA DENGAN FORBAMA

  1. Bersama FORBAMA FISIP UI 2016, berhasil mengamandemen PDKK IKM FISIP UI menjadi UUD KM FISIP UI setelah tertunda selama bertahun-tahun.
  2. Bersama FORBAMA FISIP UI 2016, berhasil meluncurkan portal terpadu sebagai etalase kegiatan kemahasiswaan FISIP UI, www.satufisip.com
  3. Bersama FORBAMA FISIP UI 2016, berhasil melaksanakan Rembuk #SATUFISIP dengan sistem yang lebih sistematis dan alur yang runut sehingga mencakup hampir semua bidang kegiatan di FISIP melalui Forum Sektoral. Rembuk #SATUFISIP bertujuan untuk merumuskan berbagai permasalahan di FISIP UI dan potensi kolaborasi yang bisa dilakukan.

 

Segala usaha yang telah kami laksanakan tidak akan tercipta tanpa ada bantuan dari berbagai pihak. Kami berterima kasih banyak kepada seluruh warga FISIP, rekan-rekan mahasiswa, lembaga, komunitas, badan otonom, badan semi otonom, Pedagang, OB, Satpam, Jajaran Dekanat serta seluruh keluarga besar BEM FISIP UI 2016. Terima kasih atas kontribusinya dan dengan setulus hati kami memohon maaf apabail ada kesalahan baik yang disengaja atau yang tidak disengaja dalam proses satu tahun ini.

 

Terakhir dari kami, Salam Bergerak, Berkarya, Bersama!