, ,

Apa Sih Gelas Rupa?

Gelas Rupa atau Gelar Apresiasi Seni Rupa 2015 merupakan acara eventual yang baru diadakan tahun ini. Gelas Rupa merupakan serangkaian acara yang terdiri dari program lokakarya atau workshop mengenai seni rupa kontemporer yang diikuti oleh pameran dan diskusi seni. Dalam serangkaian acara ini, Departemen Seni Budaya BEM FISIP 2015 berkolaborasi dengan komunitas seni eksternal yang sudah sangat berpengalaman dan bergengsi di ranah seni rupa, Jakarta 32°C.

Berakar dari isu sosial politik di FISIP yaitu kurangnya kepedulian mahasiswa FISIP akan ranah sosial politik yang berada di sekitarnya dan kurangnya penerapan dari slogan “Gue Anak FISIP”. Lahirlah tema “Aktivisme Mahasiswa” sebagai tema utama Gelas Rupa 2015. Dari sini, Gelas Rupa berupaya agar mahasiswa dapat mengkritik sosial dan mengutarakan pendapatnya dalam media yang baru, yaitu seni. Gelas Rupa ingin mengubah pemikiran mahasiswa bahwa untuk mencapai perubahan sosial, tidak hanya menggunakan kekerasan atau demonstrasi namun juga dengan menggunakan medium seni yang dapat kita lihat dalam keseharian. Seni rupa sendiri merupakan salah satu seni yang paling mendasar dan paling mudah dicerna serta dijangkau. Dari seni rupa, mahasiswa FISIP bisa lebih leluasa menuangkan keluh kesah, kritikan serta pesan kepada orang-orang di sekitar.

image1 (2)

Pada hakikatnya Gelas Rupa bukanlah sebuah ‘les seni’ ataupun pelatihan menggambar, namun sebuah wadah bagi peserta untuk mengembangkan kemampuan yang sudah ada dan pengembangan dalam eksekusi, ide dan konsep karya. Disini, Jakarta 32°C tidak dipilih sebagai kolaborator hanya karena eksistensinya, namun juga karena pengalaman mereka dalam lokakarya, pameran dan karya seni kontemporer di ruang publik. Tema yang diusung di Gelas Rupa ini terkait erat dengan seni ruang publik dan disinilah Jakarta 32°C banyak berperan.

Di akhir acara, para peserta yang mengikuti program lokakarya Gelas Rupa 2015 diharapkan dapat menciptakan berbagai karya yang substansial. Karya tersebut diharapkan dapat menimbulkan perubahan pada masyarakat. Para peserta juga diharapkan dapat menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman saat mengikuti Gelas Rupa 2015 kepada lingkungan sekitar yang secara tidak langsung akan meningkatkan standar seni di FISIP maupun di masyarakat.

       Acara Gelas Rupa 2015 ini akan berlangsung kurang lebih selama sebulan yang di awali pada tanggal 28 April 2015 sampai 28 Mei 2015. Peserta workshop akan mengikuti serangkaian workshop intensif dua kali seminggu di FISIP dan di galeri RuangRupa. Setiap sesi workshopnya akan diiringi oleh berbagai narasumber ternama yang memang berpengalaman dan berpengetahuan luas mengenai seni ruang publik seperti dosen dan seniman. Setelah workshop selesai, karya peserta akan sepenuhnya dipamerkan di FISIP selama seminggu yang diikuti dengan diskusi publik yang diadakan oleh pembicara Jakarta 32ºC mengenai seni rupa kontemporer, seni kota Jakarta, tema Aktivisme Mahasiswa serta penjelasan mengenai workshop yang telah dilakukan.