, , , , , ,

Liputan Acara Liga FISIP UI 2018

 

 

Selasa, 1 Mei 2018

Liga FISIP UI 2018 merupakan kompetisi olahraga tahunan yang diadakan oleh BEM FISIP UI 2018. Liga FISIP UI sudah menjalani tahun ketiganya pada tahun ini. Liga FISIP UI 2018 merupakan satu-satunya acara kompetisi basket dan futsal Fakultas Rumpun Sosial-Humaniora se-Indonesia yang mengangkat isu sosial politik di bidang olahraga dan pada tahun ini mengangkat isu “Ketimpangan Infrastruktur pada Sektor Olahraga Akibat dari Kurang Optimalnya Peran Lembaga Olahraga”. Acara ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 23 April 2018 di Tifosi Sport Center dan Gymnasium Universitas Indonesia. Kompetisi basket dan futsal diikuti oleh 39 tim yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Cabang basket putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, cabang basket putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, cabang futsal putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan cabang futsal putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta. Pemain terbaik dari cabang basket putri yaitu Fidela Faustina dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, pemain basket dari cabang basket putra yaitu Bobby Gillian Wibisono dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, pemain terbaik dari cabang futsal putri yaitu Rizki Nur Latifa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan pemain terbaik dari cabang futsal putra yaitu Septian Alwi dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta.

Pembahasan isu dikupas tuntas dalam seminar yang mengundang pembicara ahli yang berkecimpung di bidang olahraga dan fasilitasnya baik dari organisasi independen maupun instansi pemerintahan. Adapun pembicara dalam seminar isu sosial politik yaitu Bapak Aris Subiono yang merupakan Sekretaris Deputi IV Kementrian Pemuda dan Olahraga, Habibie M.Pd yang merupakan perwakilan dari Bidang Dalam dan Luar Negeri Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Rizky Emirdhani Utama yang merupakan tenaga ahli komisi I DPR RI.

Selain kompetisi dan seminar, Liga FISIP UI 2018 juga mengadakan pre-event berupa Mini LIFIS dan coaching clinic. Mini LIFIS merupakan sebuah rangkaian acara di dalam Liga FISIP UI, yang merupakan kompetisi permainan video games e-sports dari Playstation dan personal computer seputar olahraga, seperti FIFA, Mobile Legends, dan jenis permainan lainnya.

 

Penulis: Erika Maya (dengan ubahan oleh Chandra Dwi A.)

Dokumentasi: Zulfi Zuliansyah, Yashqi Harashta, Fathurrahman K, Ismail Shabri, Rheina.A, Rifqi Aldrian, Tia Hanifa, Dzaky, dan Bertha.

Foto-foto Liga FISIP UI 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI