,

Notula Pertemuan dengan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI #KawalAspirasiKita

199935

Pada Senin, 3 Oktober 2016, Departemen Adkesma (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa) BEM FISIP UI menemui Wakil Manajer Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Fakultas (PPF)  FISIP UI, Drs. Dadang Sudiadi, M.Si., di gedung F FISIP UI. Pertemuan tersebut digagas oleh Departemen Adkesma BEM FISIP UI untuk follow-up pembangunan fasilitas FISIP UI dan  memberikan apresiasi kepada Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI terkait pembangunan fasilitas FISIP UI yang telah rampung dikerjakan. Pertemuan tersebut juga merupakan kelanjutan dari pertemuan dengan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI  yang telah dilaksanakan oleh Departemen Adkesma BEM FISIP UI pada  21 Juni dan 25 Juli 2016.

Dalam pertemuan pada Senin, 3 Oktober 2016 tersebut, Departemen Adkesma BEM FISIP UI telah mengadvokasikan beberapa hal penting mengenai pembangunan fasilitas FISIP UI. Terdapat beberapa poin penting mengenai pembangunan fasilitas FISIP UI yang masih dalam proses pelaksanaan ataupun yang akan dilaksanakan dengan penjelasan sebagai berikut.

  1. Toilet Gedung H dan E

Setelah dilakukan perbaikan selama libur perkuliahan semester genap, toilet perempuan di gedung H lantai satu selesai direnovasi. Untuk toilet laki-laki di lantai satu diusahakan selesai pada minggu pertama bulan Oktober 2016. Pembangunan toilet di lantai atas gedung H akan menyusul.

Mengenai toilet di gedung E, akan dilakukan renovasi pada toilet di lantai dua dan tiga pada tahun 2017 menggunakan rancangan desain yang sama seperti toilet lantai satu gedung H. Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI tidak lupa berpesan kepada mahasiswa FISIP UI untuk memelihara toilet lantai satu gedung E yang sudah direnovasi, dikarenakan pada toilet lantai satu gedung E ditemukan kerusakan pada dinding dan tempat tissue.

  1. Revitalisasi Plaza FISIP UI

Plaza FISIP UI rencananya akan direvitalisasi dengan melakukan perbaikan di taman dan pembangunan untuk beberapa fasilitas. Rencana revitalsasi tersebut  akan mencapai tahap finalisasi design pada minggu pertama Oktober 2016 dalam pertemuan antara Dekan FISIP UI dan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI. Finalisasi design selanjutnya akan diikuti dengan tahap pencarian vendor. Plaza FISIP UI yang telah direvitalisasi akan berganti nama menjadi “Taman Tunas Bangsa.”

  1. Pembangunan Gedung C

Setelah melewati berbagai tahapan perencanaan, peletakan batu pertama pembangunan gedung C akan dilaksanakan pada Senin, 24 Oktober 2016. Dalam tahap pertama, gedung C akan dibangun empat lantai (dari delapan lantai) terlebih dahulu.

  1. Lapangan Olahraga FISIP UI

Pembangunan lapangan FISIP UI masih dalam tahap pemasangan lampu dan perbaikan beberapa sambungan arus listrik. Pada Jumat, 7 Oktober 2016, ditargetkan lapangan FISIP UI akan menyentuh tahap pengecatan.

www

  1. Lift dan Kanopi Gedung H

Gedung H dinilai mengalami beberapa kerusakan, yaitu pada lift dan kanopi. Karena lift gedung H dinilai mengalami kerusakan, pihak fakultas memutuskan untuk mengganti kabel seling pada lift agar lift dapat digunakan dengan aman. Proses penggantian kabel telah dilakukan pada minggu terakhir September 2016.  Selain lift, kanopi gedung H juga berada pada kondisi tidak memadai. Untuk penggantian kanopi gedung H masih dalam tahap pelelangan.

  1. Departemen Sosiologi

Pemindahan ruang Departemen Sosiologi dari gedung Koentjaraningrat ke gedung F lantai 3 selesai dilaksanakan. Perlu diketahui, pemindahan tersebut dilakukan demi menunjang kegiatan akademis Departemen Sosiologi FISIP UI.

Pemindahan tersebut berdampak pada sekretariat Komunitas Tari FISIP (KTF)  dan Indonesia Model of United Nation (IMUN) yang sebelumnya menempati lantai tiga gedung F. IMUN belum mendapatkan ruang secretariat pengganti, sementara KTF   diharuskan memindahkan kembali barang-barangnya yang semula ditempatkan di gedung H lantai enam.

  1. Teater Kolam dan Taman di Takoru

Pada pertemuan sebelumnya bersama Departemen Adkesma, Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI mengatakan bahwa di antara kantin Taman Korea Baru (Takoru) dan gedung Nusantara 2 akan dibangun sebuah taman dan gazebo. Taman dan gazebo tersebut merupakan sumbangan alumni FISIP UI angkatan 2015. Selain itu, pihak fakultas juga berencana merenovasi Teater Kolam (Teko) serta membangun kolam refleksi di kolam samping Teko. Rencana pembangunan taman dan Teko, hingga pada pertemuan di tanggal 3 Oktober 2016, belum menemukan keputusan pasti mengenai kapan pembangunan dimulai.

  1. Pembangunan Auditorium di Taman Teletubies

Pada pertemuan sebelumnya bersama Departemen Adkesma, Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI telah menyatakan bahwa Dekan berencana membangun auditorium berpakasitas seribu orang. Auditorium tersebut akan ditempatkan di Taman Teletubies. Design auditorium tersebut telah ditetapkan dan pembangunannya akan dimulai pada November 2016. Kemungkinan, parkiran N2 dan Taman Teletubies akan dihilangkan akibat pembangunan auditorium ini.

  1. Pemasangan Rambu-rambu

FISIP UI telah memasang beberapa rambu peringatan yang dapat dilihat di sekitar area gedung A dan parkiran motor, seperti larangan membawa hewan peliharaan, d.l.l. Pemasangan rambu berfungsi untuk meningkatkan ketertiban di lingkungan FISIP UI.

  1. Kursi Gedung E Lantai Tiga

Menanggapi keluhan mahasiswa FISIP UI terkait kursi kayu di salah satu ruang kelas di gedung E lantai tiga, pihak fakultas berencana untuk mengecat kembali kursi kayu tersebut namun tidak menggantinya. Pasalnya, kursi-kursi lama tersebut dinilai lebih kokoh daripada kursi hitam yang biasa dipakai mahasiswa.

Selain itu, pihak fakultas juga telah mengganti dua ratus kursi hitam di ruang-ruang perkuliahan FISIP UI yang dinilai sudah tidak memadai demi menunjang kegiatan akademis.

  1. Toilet MBRC Lantai Dua

Toilet MBRC lantai dua mengalami kerusakan. Pihak fakultas telah berencana untuk memperbaiki toilet tersebut. Konsekuensi dari perbaikan tersebut nantinya adalah terganggunya kegiatan mahasiswa di tongkrongan mahasiswa Kesejahteraan Sosial. Hal itu disebabkan karena aliran air dari perbaikan toilet tersebut akan menetes di tongkrongan yang biasa dipakai mahasiswa Kesejahteraan Sosial.

  1. Komputer Perpustakaan MBRC

Komputer perpustakaan MBRC yang baru telah hadir pada libur semester genap lalu. Dimulai pada perkuliahan semester ganjil, mahasiswa FISIP UI dapat mempergunakan komputer MBRC. Akan tetapi, pemakaian tiap komputer dibatasi selama dua jam untuk tiap mahasiswa. Peraturan tersebut diterapkan agar mahasiswa lain dapat mempergunakan komputer secara bergantian.

Jangan lupa, pembangunan fasilitas harus diikuti dengan perawatan dari mahasiswa itu sendiri. Pihak fakultas juga meminta kemakluman karena dampak dari pembangunan akan mengganggu kegiatan perkuliahan.

Demikianlah notula pertemuan antara Departemen Adkesma BEM FISIP UI dan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI kami sampaikan. Pengadvokasian hak mahasiswa FISIP UI untuk mendapatkan fasilitas penunjang kegiatan akademis/non-akademis yang memadai merupakan bentuk usaha Departemen Adkesma BEM FISIP UI 2016 demi kebaikan kampus kita sendiri. Lanjutkan semangat #KawalAspirasiKita!