,

Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 : Saatnya Bergerak untuk Mengisi Setiap Ruang di FISIP

Senin, 21 Maret 2016

Depok- Pada Senin, 21 Maret 2016 lalu telah diselenggarakan Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan sebuah acara untuk meluncurkan dan memperkenalkan seluruh lembaga dan komunitas yang ada di FISIP kepada seluruh warga FISIP dan Universitas Indonesia. Pada tahun ini, acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, membawa tema “Jinggaku, Rumahku”.

Selain itu, pada Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini, juga berusaha untuk memperkenalkan fokus permasalahan yang akan dibahas sepanjang pada tahun 2016. Melalui pembahasan Forbama (Forum Lembaga Mahasiswa), permasalahan yang diangkat untuk satu tahun ke depan adalah ruang publik. Ruang publik dalam konteks kali ini adalah fasilitas dan partisipasi. Forbama mengajak seluruh mahasiswa untuk meningkatan partisipasi mahasiswa yang dilakukan dengan penggunaan fasilitas ruang publik yang ada di lingkungan FISIP dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di FISIP. Sehingga, diharapkan seluruh warga FISIP merasa nyaman untuk melakukan kegiatan di FISIP dan kembali meramaikan dan menghidupkan setiap ruang-ruang yang ada di FISIP.

Untuk mengimplementasikan tema “Jinggaku, Rumahku”, Peluncuran Akbar #SATUFISIP kali ini mengangkat tema pesta rakyat yang sesuai dengan nilai yang dibawa tahun ini yaitu sederhana, nyaman, dan menyenangkan. Penggunaan tema “Pesta Rakyat”, dianggap sesuai dan dapat merepresentasikan kesederhanaan dan kenyamanan. Tema  Culbar tersebut, diturunkan dalam setiap mata acara dan kegiatan yang ada dalam acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan gratis yang disediakan di acara ini mulai dari berbagai macam gorengan, gulali, mie instan, hingga bakso. Suasana pesta rakyat makin terasa dengan adanya permainan seperti timpuk kaleng. Selain itu, sebagai buah tangan bagi para tamu undangan yang berasal dari BEM seluruh Universitas Indonesia adalah keong beserta rumah-rumahannya. Tidak hanya itu, sebagai bentuk perwujudan dari ruang publik, panitia menyediakan stan-stan yang diisi oleh para mahasiswa FISIP yang memiliki usaha pada sektor kuliner.

Acara utama adalah pengenalan lembaga yang akan ikut berkontribusi untuk menghidupkan FISIP selama setahun ke depan. Sebelum puncak acara, terdapat pembacaan puisi dari Kalmi Rama dan Gultor Azhar (Kriminologi 2013). Puncak dari acara ini adalah peluncuran Portal #SATUFISIP, yakni sebuah kanal media yang berisi seluruh jadwal kegiatan yang ada di FISIP sehingga seluruh mahasiswa FISIP dapat ikut meramaikan kegiatan tersebut dan bisa kembali meramaikan FISIP tercinta. Selain itu, ke depannya juga akan diluncurkan JinggaPeduli, Kalender ##SATUFISIP dan Rembuk #SATUFISIP. Keempat hal tersebut merupakan hasil diskusi BEM FISIP UI 2016 bersama dengan lembaga-lembaga lain yang tergabung dalam Forbama.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

*Penulis: Yasqi Harashta (dengan ubahan oleh Nurmalita Amelia dan Baptista Ezra DS)

* Dokumentasi: Sarah Annida, Muhammad Fahransyah, Qatrunnada Nadhifah, Misael Josua

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di http://bit.ly/DokumentasiCulbar2016

Video Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat dilihat di  https://youtu.be/aWQBn9Y0ZD0