Profil Bulan Ini : Muhammad Yusuf

Bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi, wajah Pak Ucup pastinya sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, OB gedung Komunikasi ini bisa dibilang berbeda dengan OB-OB pada umumnya karena kesenangan Pak Ucup untuk mengobrol dengan bahasa Inggris dengan para mahasiswa, bahkan dosen.

Yuk kita kenal lebih jauh sosok Pak Ucup!

 

Nama Panjang                   : Muhammad Yusuf

Umur                                    : 49 Tahun

Tempat Tinggal                 : Tanah Baru

Status pernikahan           : Menikah, dengan dua anak (kuliah di PNJ dan SMA)

 

Q : Sudah berapa lama kerja di FISIP?

A :  2 tahun, sebelumnya saya beternak sapi di Kukusan. Lalu karena banyak waktu luang makanya mulai bekerja sebagai OB Gedung Komunikasi di FISIP.

Q : Gimana kesan-kesannya selama kerja di FISIP?

A : Enak sih, karena saya bisa improve kemampuan bahasa Inggris. Disini juga dapet banyak temen. Jam kerja juga enak, dari jam 7-10, setelah itu ya banyak santainya tinggal nunggu disuruh aja

Q : Kan tadi salah satu keuntungannya bisa improve kemampuan bahasa Inggris-nya, sejak kapan sih Pak Ucup mulai belajar bahasa Inggris?

A : Sebenarnya mulanya waktu saya menjadi penjual susu keliling, disitu saya kenal sama orang Iran. Dia yang ngajarin saya bahasa Inggris. Itu sekitar 23 tahun yang lalu. Dan saya diajarin setiap hari. Sejak saya kerja disini ya saya semakin bisa improve dan inget inget kembali. Saya sering juga ngajak ngobrol sama mahasiswa dan mereka me-welcome, bahkan dosen-dosen pun juga. Dengan saya bisa bahasa Inggris saya merasa dapat keuntungan juga, contohnya jika ada tamu dari luar saya diperkenalkan sementara karyawan lain tidak. Bahkan ada mahasiswa yang pernah ngasih saya ringgit. Mungkin karena dia respect di usia sekarang ini saya masih mau belajar

Q : Selain itu ada pengalaman pengalaman menarik apa lagi Pak selama kerja di FISIP?

A : Tempo hari saya lagi masuk ke ruangan Mbak Titut (re. Dosen Ilmu Komunikasi), beliau berbicara bahasa Inggris sama saya. Nah ada mahasiswa yanga kaget gitu saya bisa bahasa Inggris. Trus dia cerita aja ke temen temennya tentang saya. Saya pengen sih kan disini saya anggap rata-rata pada bisa ya bahasa Inggris, kenapa tidak dilazimkan berbicara bahasa Inggris. Nah saya ngajak ngobrol gitu selain mengurangi jarak kan juga membiasakan mereka. Dengan sering ngobrol gini saya merasa jadi tidak ada jarak lagi sama mahasiswa. Selain itu saya juga pernah ikut program enterpreneurship yang diadain sama Mbak Rosy (re. Dosen Ilmu Komunikasi), disitu saya dididik gimana cara berwirausaha. Untuk sekarang sih belum diaplikasikan ke kehidupan sehari hari untuk buka usaha, tapi saya sering jadi consultant aja untuk temen-temen yang mau buka usaha, ya saya bantu ngasih tau beberapa ilmu yang saya dapat dari sini.

Q : Pendapat Pak Ucup tentang anak-anak FISIP?

A : Ada aja sih yang keluar kelas tuh tiba-tiba kelas berantakan, bahkan OB-OB yang di taman juga sering ngeluh karena anak-anak suka buang sampah sembarangan. Kan udah pada gede ya, buang sampah ya ditempatnya kan sudah disediakan. Selain itu asik-asik aja sih anak anaknya.