,

Tekat: Pengenalan Minat dan Bakat

Bakat antara satu orang dengan yang lainnya terdiferensiasi sesuai dengan kelebihan dan kemampuan yang dimiliki. Salah – salah menginteprestasikan bakat akan berdampak pada tingkat totalitas seseorang dalam suatu bidang. Sama halnya dengan jurusan saat kuliah nanti. Kecocokan antara bakat dan jurusan akan menentukan sejauh mana seseorang bisa total dalam menjalaninya.

Lalu, bagaimana jika sampai salah memilih jurusan?

Bagaimana jika seseorang belum mengetahui bakat yang ada dalam dirinya?

Tes Minat Bakat (Tekat) berusaha menjawab.

         Tekat dilaksanakan pada hari Minggu (3/5) di Auditorium Juwono Sudarsono dan Gedung H, Kampus FISIP UI, Depok. Dengan mengusung tajuk acara “Minat Berjuang, Sukses Berbakat”, Tekat hanya dibuka untuk siswa/i Sekolah Menengah Atas, dengan tujuan agar nantinya mereka tidak salah memilih jurusan ketika memasuki dunia perkuliahan. Terdapat dua sesi waktu tes yang dapat dipilih sesuai keinginan, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Harga kedua sesi sama, yaitu Rp 250.000 per satu orang untuk tes.

         Sesi pagi Tekat dimulai pada pukul 07.30 betempat di AJS dengan dua pembawa acara yaitu Radhiyan Pasopati Pribadi dan Rizvan M., keduanya adalah mahasiswa FISIP UI 2014. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua BEM FISIP UI 2015, Faris Muhammad Hanif yang dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana Tekat, Muhammad Ravi Ramadhan.

Ravi – Ketua Pelaksana Acara Tekat 2015

         Setelah acara di AJS selesai peserta Tekat dimobilisasi ke Gedung H FISIP UI untuk mengerjakan soal – soal tes. Lembaga tes yang membantu terlaksananya Tekat adalah Talents Mapping. Tes sesi 1 dimulai dari pukul 08.30 – 11.00. Selama berlangsung tes, peserta dimasukkan ke dalam kelas – kelas yang ditemani oleh satu liaison officer dan satu psikolog dari Talents Mapping. Setelah tes selesai, jawaban peserta langsung diperiksa selamat 30 menit dan hasil tesnya keluar saat itu juga. “Disinilah letak kelebihan dari Tekat yaitu hasil tes peserta. Jadi hari itu juga dan langsung bisa dikonsultasikan dengan psikolog,” ucap Ravi.

         Sesi 2 dimulai  dari pukul 13.00 dan berakhir pada pukul 17.30. Semua kegiatan acara yang dilakukan di sesi kedua sama seperti alur berjalannya sesi 1. Peserta sesi 2 juga langsung mendapatkan hasil dari tesnya. Peserta mendapatkan deskripsi singkat minatnya dan sebuah CD yang berisi deskripsi lengkap secara keseluruhan.

         Acara berjalan dengan lancar baik di sesi 1 dan sesi 2nya berkat kerja keras panitia Tekat. Sampai berjumpa di Tekat tahun depan!