Notulensi Diskusi DIREKAM 2016 – 23 Desember 2016

Pada Jumat lalu (23/12/2016) Adkesma BEM FISIP UI telah menyelenggarakan program kerja DIREKAM 2016. Program kerja tersebut diselenggarakan oleh BEM FISIP UI guna menghimpun aspirasi mahasiswa FISIP UI dan mengawal realisasi hasil forum-forum advokasi yang didiskusikan bersama dengan Dekanat dan jajarannya. DIREKAM 2016 mengangkat tema “Kawal Aspirasi Kita” dan pelaksanaannya berlangsung di Ruang Nurani Gedung A. Acara ini dihadiri oleh Dr. Arie Setiabudi Soesilo, MS.c selaku Dekan FISIP UI beserta jajarannya yang turut terlibat dalam diskusi selain itu Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM FISIP UI, ketua dan wakil ketua BEM FISIP UI 2016 serta ketua dan wakil ketua BEM FISIP UI 2017 terpilih hadir sebagai perwakilan mahasiswa dalam acara DIREKAM 2016 ini.

Acara ini diawali dengan pemaparan riset yang telah dilakukan oleh Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM FISIP UI terkait dengan fasilitas-fasilitas yang ada di FISIP UI, beberapa indikator yang dinilai diantaranya adalah durasi pemakaian fasilitas, sumber daya manusia, kondisi fisik dan prosedur pemakaian fasilitas, selain itu juga dipaparkan hasil-hasil advokasi yaitu berbagai proses atau pencapaian pembangunan yang telah dilakukan dan pemaparan karya dan rangkaian acara yang terakhir adalah Penyerahan Buku “Dari Kami untuk Dekan”. Selama proses diskusi berlangsung, terdapat poin-poin penting yang disampaikan, terutama di bidang fasilitas.

Fasilitas pertama yang dibahas adalah toilet. Toilet FISIP UI pada awal 2016 masih dalam keadaan mengkhawatirkan dan akhirnya diadakan perbaikan toilet-toilet yang ada di FISIP yang masih berlangsung hingga bulan Desember. Pembangunan tidak hanya difokuskan untuk kebutuhan mahasiswa tetapi juga untuk kebutuhan karyawan dan dosen-dosen, selain perbaikan yang telah dilakukan di toilet-toilet gedung H dan E yang nantinya akan dilanjutkan pembangunannya ke lantai-lantai atas gedung tersebut. Saat ini perbaikan toilet sedang terjadi di toilet gedung A. Perbaikan toilet memang dikerjakan secara satu persatu, tidak bisa sekaligus karena terkendala beberapa hal salah satunya adalah biaya, selain itu apabila ingin dikerjakan sekaligus dalam satu periode maka harus mengadakan lelang dan belum tentu menemukan tender yang hasil pekerjaannya sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian terkait dengan keluhan mahasiswa mengenai toilet gedung F yang selalu terkunci, dekan menanggapi dengan memberikan penjelasan bahwa toilet gedung F hanya diperuntukkan untuk tamu pengguna Auditoriun Juwono Sudarsono (AJS) sehingga tidak dibuka secara umum untuk mahasiswa. Dekan juga menekankan agar mahasiswa dan masyarakat FISIP lainnya untuk menjaga dan merawat toilet yang ada, kalau bisa membuat campaign untuk menjaga dan merawat toilet yang ada.

Kemudian Miriam Budiardjo Researh Center atau yang dikenal dengan nama MBRC, setelah sebelumnya MBRC tidak memiliki kepala pimpinan, akhirnya setelah melewati proses yang panjang terpilihlah pimpinan baru MPRC yaitu Ibu Evi Fitriani yang dari Departemen Hubungan Internasional akan mulai bertugas mulai tahun depan tepatnya Januari 2017. Pihak Dekanat serta mahasiswa berharap dengan adanya pemimpin yang baru maka sistem dan fasilitas MBRC dapat bekerja semakin maksimal. Kemudian, Adkesma memaparkan beberapa keluhan pada fasilitas MBRC, yaitu mengenai jam operasional yang terlalu singkat. Menanggapi hal tersebut Dekan merencanakan untuk memperpanjang jam operasional MBRC dengan memberikan lahan magang atau beasiswa untuk mahasiswa yang mau membantu menjaga MBRC. Rencana ini dianggap tepat karena jika jam operasional ingin diperpanjang dan tetap menggunakan karyawan maka, karyawan harus lembur, dimana peraturan di UI untuk memberlakukan sistem lembur butuh melalui proses yang panjang. Namun, rencana itu kedepannya akan di diskusikan terlebih dahulu kepada pimpinan baru MBRC. Kemudian mengenai jam peminjaman komputer yang dibatasi, Dekan menanggapi bahwa komputer tersebut memang dibatasi waktu penggunaannya karena komputer tersebut memang diprioritaskan untuk yang tidak memiliki laptop atau komputer, bagi mahasiswa yang memiliki laptop maka disediakan meja untuk menggunakan laptopnya. Selanjutnya untuk memperbaiki kualitas dari MBRC, dekan merencanakan untuk di tahun depan akan lebih diakomodir pengadaan buku di MBRC, sehingga mahasiswa dapat lebih leluasa untuk meminjam buku.

Kemudian, fasilitas yang dibahas adalah ruang kelas. Seperti yang kita tahu, ruang kelas di FISIP UI memiliki standar yang berbeda-beda. Salah satu Wakil Dekan, Ibu titi Muswati Putranti mengatakan bahwa seluruh ruang kelas yang ada di FISIP akan memiliki standar yang sama, yaitu papan tulis, proyektor, AC, jam dinding, dan speaker yang dapat membantu belajar di kelas. Sehingga, untuk perbaikan kelas di tahun depan, dekan menggaris bawahi untuk melengkapi fasilitas kelas seperti pengadaan speaker dan perbaikan proyektor.  Selain itu, Wakil Dekan juga menghimbau untuk menjaga barang-barang yang ada di kelas, seperti ketika ingin menggunakan proyektor, hendaknya meminta tolong kepada office boy  dengan menggunakan remote, sehingga dapat menambah umur pemakaian dari proyektor.

Wifi di FISIP telah diperluas jaringannya hingga ke Taman Korea (Takor) dan Taman Korea Atas (Takor Atas) Dekan menyatakan bahwa kapasitas bandwith sudah dinaikkan dengan bekerja dengan DSTI. Adkesma menjelaskan keluhan mengenai tidak adanya sinyal atau fasilitas Wifi di beberapa titik. Untuk mengatasi permasalahan ini, mahasiswa dapat melaporkan langsung kepada Adkesma BEM FISIP UI terkait wifi di lokasi mana dan di jam berapa yang tidak berfungsi, sehingga pihak infrastruktur dapat segera melakukan perbaikan.

Fasilitas selanjutnya adalah tempat parkir motor FISIP. Pembangunan tempat parkir motor FISIP akan dilangsungkan setelah perbaikan gedung H selesai, karena setelah dilakukan konsultasi tidak bisa dikerjakan sekaligus dengan pertimbangan keselamatan pekerja. Tidak hanya tempat parkir motornya saja yang akan diperbaiki tetapi juga kantor satpam yang ada di dalam tempat parkir motor tersebut. Mengenai daya dukung parkiran motor, Dekan mengakui bahwa kapasitas parkiran motor memang tidak mencukupi mengingat tidak hanya mahasiswa FISIP saja ternyata yang memarkirkan kendaraannya di sana oleh karena itu Dekan mengusulkan untuk memasang stiker FISIP pada kendaraan bermotor guna memastikan kontrol penggunaan lahan parkir, Dekan juga mengungkapkan bahwa terdapat wacana untuk membuat parkiran motor dua lantai.

Selanjutnya, fasilitas Lapangan Bulu Tangkis. Awalnya lapangan tersebut diperuntukkan untuk karyawan FISIP agar mereka dapat berolahraga sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya bekerja. Dekan mengungkapkan bahwa perbaikannya tidak hanya sebatas Lapangan Bulu Tangkisnya saja tetapi juga toilet yang lokasinya tepat dibelakang lapangan bulu tangkis tersebut (Toilet Takor untuk laki-laki), mengingat bangunan toiletnya setelah ditinjau oleh Dekan bangunannya kokoh dan saluran airnya masih lancar, Dekan juga menambahkan bahwa lancarnya saluran air di toilet tersebut sudah menjadi modal utama, hanya tinggal diperbaiki saja. Jadi Dekan telah meminta agar perbaikan lapangan bulu tangkis menjadi satu rangkaian dengan perbaikan toilet yang ada dibelakangnya.

Berikutnya, fasilitas yang dibahas adalah Teater Kolam (Teko). Terdapat beberapa keluhan mengenai tidak adanya colokan dan penerangan di sekitar Teko. Dekan mengatakan bahwa Teko akan direnovasi bagian panggungnya yang akan dilebarkan dan memiliki alas menggunakan keramik. Dekan juga mengatakan bahwa akan ditambah fasilitas colokan agar dapat membantu kegiatan mahasiswa di Teko. Rencana pembangunan tersebut akan dimulai pada bulan Januari 2017.

Selanjutnya, Musholla FISIP, untuk perbaikannya memang sudah pernah dibicarakan oleh pihak panitia dengan dekanat. Dekan mengungkapkan bahwa ia telah bertemu dengan panitianya dan sudah mengevaluasi proposalnya dan proposalnya juga sudah diberikan pada alumni FISIP agar mereka dapat membantu pembangunannya, Dekan juga mengakui bahwa musholla pada bagian wanita memang sering bocor dan sering terkena hujan, akan tetapi Dekan menyatakan perbaikan pada mushalla FISIP berfokus pada saluran air (septic tank) karena sering menimbulkan bau. Selain itu Dekan juga ingin mengganti sound system pada musholla juga ingin diganti agar suara adzan yang dikeluarkan lebih bagus.

Selanjutnya, Dekan menjelaskan mengenai auditorium baru yang akan dibangun di FISIP, yaitu Auditorium Purnomo Prawiro. Dekan menjelaskan bahwa auditorium tersebut akan mulai dibangun pada Maret 2017. Letak auditorium tersebut berada di daerah sekitar bukit Telettubies. Auditorium tersebut dibangun oleh pihak Universitas Indonesia. Rencananya, auditorium tersebut akan memiliki dua lantai. Dekan akan negosiasi pihak Universitas agar lantai satu dapat digunakan untuk mahasiswa FISIP dan pemakaian auditorium tersebut untuk mahasiswa FISIP dapat dipermudah.

Fasilitas terakhir yang dibahas adalah Pusat Pelayanan Administrasi Akademik (PPAA). Keluhan mengenai PPAA kebanyaka mengenai jam operasional PPAA. Aturan mengenai jam operasional PPAA memang sampai jam 4 karena ini sudah merupakan batas jam kerja, sebagai informasi PPAA kini sedang mengikuti sertifikasi ISO9015 yang sudah disusun mengenai jam operasional termasuk jam istirahat dan lain-lain yang mana jika sudah disertifikasi, tidak boleh ada keterlambatan buka dan tutup karena jadwalnya sudah disusun dengan ketat mengingat PPAA sering mendapat keluhan apabila setelah jam istirahat selesai, karyawannya sering terlambat untuk beroperasi kembali untuk melayani kebutuhan administrasi mahasiswa.

Catatan terakhir untuk perbaikan FISIP di tahun 2017, pembangunan gedung C akan segera berjalan, sehingga kemungkinan nantinya akan sedikit mengganggu kenyamanan mahasiswa karena akan masuk alat-alat berat di lingkungan sekitar gedung C. Kemudian perbaikan lift di gedung H akan segera berjalan, dan perbaikan Plasa FISIP UI sedang pada tahap pelelangan untuk memenuhi pendanaannya.

Demikianlah notula diskusi ini kami sampaikan. BEM FISIP UI 2016 khususnya Departemen Adkesma akan selalu berusaha mengadvokasikan kepentingan mahasiswa/i FISIP UI demi kebaikan kampus kita. Mari kawal terus aspirasi kita!

,

Notula Pertemuan dengan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI #KawalAspirasiKita

199935

Pada Senin, 3 Oktober 2016, Departemen Adkesma (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa) BEM FISIP UI menemui Wakil Manajer Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Fakultas (PPF)  FISIP UI, Drs. Dadang Sudiadi, M.Si., di gedung F FISIP UI. Pertemuan tersebut digagas oleh Departemen Adkesma BEM FISIP UI untuk follow-up pembangunan fasilitas FISIP UI dan  memberikan apresiasi kepada Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI terkait pembangunan fasilitas FISIP UI yang telah rampung dikerjakan. Pertemuan tersebut juga merupakan kelanjutan dari pertemuan dengan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI  yang telah dilaksanakan oleh Departemen Adkesma BEM FISIP UI pada  21 Juni dan 25 Juli 2016.

Dalam pertemuan pada Senin, 3 Oktober 2016 tersebut, Departemen Adkesma BEM FISIP UI telah mengadvokasikan beberapa hal penting mengenai pembangunan fasilitas FISIP UI. Terdapat beberapa poin penting mengenai pembangunan fasilitas FISIP UI yang masih dalam proses pelaksanaan ataupun yang akan dilaksanakan dengan penjelasan sebagai berikut.

  1. Toilet Gedung H dan E

Setelah dilakukan perbaikan selama libur perkuliahan semester genap, toilet perempuan di gedung H lantai satu selesai direnovasi. Untuk toilet laki-laki di lantai satu diusahakan selesai pada minggu pertama bulan Oktober 2016. Pembangunan toilet di lantai atas gedung H akan menyusul.

Mengenai toilet di gedung E, akan dilakukan renovasi pada toilet di lantai dua dan tiga pada tahun 2017 menggunakan rancangan desain yang sama seperti toilet lantai satu gedung H. Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI tidak lupa berpesan kepada mahasiswa FISIP UI untuk memelihara toilet lantai satu gedung E yang sudah direnovasi, dikarenakan pada toilet lantai satu gedung E ditemukan kerusakan pada dinding dan tempat tissue.

  1. Revitalisasi Plaza FISIP UI

Plaza FISIP UI rencananya akan direvitalisasi dengan melakukan perbaikan di taman dan pembangunan untuk beberapa fasilitas. Rencana revitalsasi tersebut  akan mencapai tahap finalisasi design pada minggu pertama Oktober 2016 dalam pertemuan antara Dekan FISIP UI dan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI. Finalisasi design selanjutnya akan diikuti dengan tahap pencarian vendor. Plaza FISIP UI yang telah direvitalisasi akan berganti nama menjadi “Taman Tunas Bangsa.”

  1. Pembangunan Gedung C

Setelah melewati berbagai tahapan perencanaan, peletakan batu pertama pembangunan gedung C akan dilaksanakan pada Senin, 24 Oktober 2016. Dalam tahap pertama, gedung C akan dibangun empat lantai (dari delapan lantai) terlebih dahulu.

  1. Lapangan Olahraga FISIP UI

Pembangunan lapangan FISIP UI masih dalam tahap pemasangan lampu dan perbaikan beberapa sambungan arus listrik. Pada Jumat, 7 Oktober 2016, ditargetkan lapangan FISIP UI akan menyentuh tahap pengecatan.

www

  1. Lift dan Kanopi Gedung H

Gedung H dinilai mengalami beberapa kerusakan, yaitu pada lift dan kanopi. Karena lift gedung H dinilai mengalami kerusakan, pihak fakultas memutuskan untuk mengganti kabel seling pada lift agar lift dapat digunakan dengan aman. Proses penggantian kabel telah dilakukan pada minggu terakhir September 2016.  Selain lift, kanopi gedung H juga berada pada kondisi tidak memadai. Untuk penggantian kanopi gedung H masih dalam tahap pelelangan.

  1. Departemen Sosiologi

Pemindahan ruang Departemen Sosiologi dari gedung Koentjaraningrat ke gedung F lantai 3 selesai dilaksanakan. Perlu diketahui, pemindahan tersebut dilakukan demi menunjang kegiatan akademis Departemen Sosiologi FISIP UI.

Pemindahan tersebut berdampak pada sekretariat Komunitas Tari FISIP (KTF)  dan Indonesia Model of United Nation (IMUN) yang sebelumnya menempati lantai tiga gedung F. IMUN belum mendapatkan ruang secretariat pengganti, sementara KTF   diharuskan memindahkan kembali barang-barangnya yang semula ditempatkan di gedung H lantai enam.

  1. Teater Kolam dan Taman di Takoru

Pada pertemuan sebelumnya bersama Departemen Adkesma, Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI mengatakan bahwa di antara kantin Taman Korea Baru (Takoru) dan gedung Nusantara 2 akan dibangun sebuah taman dan gazebo. Taman dan gazebo tersebut merupakan sumbangan alumni FISIP UI angkatan 2015. Selain itu, pihak fakultas juga berencana merenovasi Teater Kolam (Teko) serta membangun kolam refleksi di kolam samping Teko. Rencana pembangunan taman dan Teko, hingga pada pertemuan di tanggal 3 Oktober 2016, belum menemukan keputusan pasti mengenai kapan pembangunan dimulai.

  1. Pembangunan Auditorium di Taman Teletubies

Pada pertemuan sebelumnya bersama Departemen Adkesma, Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI telah menyatakan bahwa Dekan berencana membangun auditorium berpakasitas seribu orang. Auditorium tersebut akan ditempatkan di Taman Teletubies. Design auditorium tersebut telah ditetapkan dan pembangunannya akan dimulai pada November 2016. Kemungkinan, parkiran N2 dan Taman Teletubies akan dihilangkan akibat pembangunan auditorium ini.

  1. Pemasangan Rambu-rambu

FISIP UI telah memasang beberapa rambu peringatan yang dapat dilihat di sekitar area gedung A dan parkiran motor, seperti larangan membawa hewan peliharaan, d.l.l. Pemasangan rambu berfungsi untuk meningkatkan ketertiban di lingkungan FISIP UI.

  1. Kursi Gedung E Lantai Tiga

Menanggapi keluhan mahasiswa FISIP UI terkait kursi kayu di salah satu ruang kelas di gedung E lantai tiga, pihak fakultas berencana untuk mengecat kembali kursi kayu tersebut namun tidak menggantinya. Pasalnya, kursi-kursi lama tersebut dinilai lebih kokoh daripada kursi hitam yang biasa dipakai mahasiswa.

Selain itu, pihak fakultas juga telah mengganti dua ratus kursi hitam di ruang-ruang perkuliahan FISIP UI yang dinilai sudah tidak memadai demi menunjang kegiatan akademis.

  1. Toilet MBRC Lantai Dua

Toilet MBRC lantai dua mengalami kerusakan. Pihak fakultas telah berencana untuk memperbaiki toilet tersebut. Konsekuensi dari perbaikan tersebut nantinya adalah terganggunya kegiatan mahasiswa di tongkrongan mahasiswa Kesejahteraan Sosial. Hal itu disebabkan karena aliran air dari perbaikan toilet tersebut akan menetes di tongkrongan yang biasa dipakai mahasiswa Kesejahteraan Sosial.

  1. Komputer Perpustakaan MBRC

Komputer perpustakaan MBRC yang baru telah hadir pada libur semester genap lalu. Dimulai pada perkuliahan semester ganjil, mahasiswa FISIP UI dapat mempergunakan komputer MBRC. Akan tetapi, pemakaian tiap komputer dibatasi selama dua jam untuk tiap mahasiswa. Peraturan tersebut diterapkan agar mahasiswa lain dapat mempergunakan komputer secara bergantian.

Jangan lupa, pembangunan fasilitas harus diikuti dengan perawatan dari mahasiswa itu sendiri. Pihak fakultas juga meminta kemakluman karena dampak dari pembangunan akan mengganggu kegiatan perkuliahan.

Demikianlah notula pertemuan antara Departemen Adkesma BEM FISIP UI dan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI kami sampaikan. Pengadvokasian hak mahasiswa FISIP UI untuk mendapatkan fasilitas penunjang kegiatan akademis/non-akademis yang memadai merupakan bentuk usaha Departemen Adkesma BEM FISIP UI 2016 demi kebaikan kampus kita sendiri. Lanjutkan semangat #KawalAspirasiKita!

, ,

Notula Pertemuan dengan Wakil Manajer Bidang PPF FISIP UI #KawalAspirasiKita

MBRC

Menindaklanjuti berbagai macam advokasi yang telah kita lakukan sebelum liburan yang lalu, Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM FISIP UI 2016 telah menemui dan berdiskusi mengenai perkembangan pembangunan fisik di FISIP UI bersama Wakil Manajer Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan Fakultas (PPF) FISIP UI, Drs. Dadang Sudiadi, M.Si, di ruang kerja beliau. Dalam pertemuan tersebut, Pak Dadang menyambut baik kehadiran Adkesma. Pertemuan tersebut diselenggarakan sebanyak dua kali pada hari Selasa, 21 Juni 2016 dan hari Selasa, 25 Juli 2016. Selain pertemuan Adkesma tersebut, Ahmad Alhamid, sebagai Ketua BEM FISIP UI 2016 juga sudah bertemu langsung dengan Beliau pada hari Rabu tanggal 20 Juli 2016. Dari pertemuan-pertemuan tersebut, BEM FISIP UI 2016 telah mengadvokasikan beberapa hal dan diperoleh poin-poin penting mengenai pembangunan yang sedang atau akan dilaksanakan sesegera mungkin, sebagai berikut:

 
1. Lapangan FISIP UI
Lapangan yang berlokasi di seberang Halte FIB dekat parkiran FISIP yang dapat digunakan sebagai tempat olahraga Futsal, Basket, dan Voli ini telah dilakukan pembukaan tender dari beberapa waktu yang lalu. Pihak PPF masih akan melaksanakan peninjauan dalam waktu dua minggu sejak pertemuan tanggal 25 Juli 2016. Dan beliau menjanjikan akan memberikan infomasi paling telat sebulan dari hari pertemuan pertama dengan Adkesma mengenai informasi pemenang tender pembangunan Lapangan FISIP UI.

Pada pertemuan berikutnya antara Ketua BEM FISIP UI 2016 dengan Wakil Manajer PPF, ada perkembangan terbaru mengenai pembangunan lapangan. Dalam pembangunan lapangan, PPF FISIP UI telah mendapatkan vendor dan saat ini masih dalam proses melengkapi berkas. Dekan FISIP UI telah menandatangani persetujuan kerjasama dengan vendor terkait pembangunan ini. Jika semua berkas terkait pembangunan telah lengkap, bulan Agustus sudah akan digarap pembangunannya yang diperkirakan memakan waktu satu sampai dua bulan dalam pembangunannya.

 

2. Lapangan Bulu Tangkis
Lapangan Bulu Tangkis yang berlokasi dekat Kantin Taman Korea (Takor) ini direncanakan untuk diperbaiki dan sehingga layak pakai sebagai tempat berlatih para atlet atau sekedar kegiatan berolahraga mahasiswa. Namun beliau menambahkan bahwa perencanaan ini masih perencanaan dari PPF, karena Dekan tidak mengagendakan perbaikan Lapangan Bulu Tangkis dalam rencana pembangunan. Akan tetapi, pihak PPF akan tetap mengusahakan pembangunan lapangan tersebut dalam agenda pembangunan Dekan.

 

3. Perluasan Departemen Sosiologi di Gedung F Lt. 3
Sebelumnya, Gedung F lantai 3 dibagi menjadi tiga ruangan utama yaitu Departemen Sosiologi, ruang Komunitas Tari FISIP (KTF), dan ruang Sekretariat Indonesia Model United Nations (IMUN) yang dimana lokasinya berdekatan dan saling menempel. Namun disebabkan kebutuhan, Departemen Sosiologi direncanakan untuk diperluas sebagai penunjang akademik Departemen. Sehingga, Ruang KTF dan ruang Sekretariat IMUN harus dipindahkan karena ruangan yang bersangkutan akan dijadikan tempat perluasan Departemen Sosiologi. Sementara kegiatan KTF beserta barang-barangnya dialihkan ruangannya ke Gedung E lantai 1, dan Sekretariat IMUN masih belum mendapatkan tempat penggantinya.

 

4. Toilet Gedung H lantai 1
Selama liburan akhir semester genap 2015-2016, perbaikan toilet masih terus berlangsung dan masih belum bisa digunakan. Hal ini disebabkan masih ada perbaikan pada lantai lain yang masih rusak. Diperkirakan pada akhir bulan Agustus toilet sudah bisa digunakan oleh semua civitas FISIP UI.

 

5. Wi-Fi Takor
Telah dijelaskan oleh Wakil Manajer PPF bahwa telah ada upaya memasang Wi-fi di sekitar Kantin Takor. Alat penunjang Wi-Fi sudah ada, namun masih terkendala karena Unit Teknik sedang sibuk dengan agenda promosi doktoral, sehingga Wi-fi masih belum terpasang. Padahal, pihak IT sudah siap dalam pemasangannya dan alat-alatnya. Rencananya, alat penunjang Wi-fi ini akan dipasang pada bulan Agustus dengan rincian satu titik di sekitaran depan ruang BEM FISIP UI dan satu titik di Kantin Takor bagian tengah.

 

6. Toilet Takor
Seperti yang sudah diketahui, bahwa toilet yang berlokasikan dekat Kantin Takor yang dapat dipergunakan oleh umum, kondisi terakhir yaitu sesudah lebaran tepatnya 18 Juli 2016 tampak tidak layak digunakan dan kotor. Hal ini seharusnya diserahkan ke petugas kebersihan Takor yang bertanggungjawab akan fasilitas ini, dan mengapa masih terlihat kotor setelah libur Idul Fitri kemarin karena petugas yang bertanggungjawab masih pulang kampung pasca Idul Fitri.

 

7. Teater Kolam
Rencana mengenai akan dipasangkan atap pada Teater Kolam (Teko) masih belum menemukan titik terang. Wakil Manajer PPF FISIP UI menjelaskan bahwa Teko tidak didesain menggunakan atap dalam pembangunan awalnya. Namun Adkesma BEM FISIP UI 2016 masih akan terus berupaya mengadvokasikannya agar renovasi Teko ini disertai atap.
Dalam segi perbaikan, penyandang dana untuk perbaikan Teko telah melihat dan mengecek langsung keadaan Teko saat ini. Vendor yang akan membangun merupakan vendor yang sama dengan pembangunan Pelataran Fakultas Hukum UI. Kemungkinan besar perbaikkan Teko akan dilakukan tahun ini juga.

 

8. Rencana Pembuatan Gazebo
Dalam perencanaan pembangunan FISIP UI, PPF telah merencanakan dan mendesain pembuatan Gazebo yang nantinya akan dilokasikan di antara belakang Kantin Takoru dan Gedung N2. Pembuatan Gazebo ini nantinya merupakan donasi dari Alumni Mahasiswa angkatan 1985 FISIP UI.

 

9. Plaza FISIP UI
Rencananya pembangunan Plaza FISIP UI akan digarap bulan Agustus ini dengan beberapa fasilitas tambahan seperti colokan listrik yang akan dipasang di berbagai titik. Harapannya, Plaza FISIP UI akan menjadi tempat tongkrongan baru bagi mahasiswa untuk sekedar berkumpul atau menjadi tempat pembelajaran yang nyaman.

 

10. Pembangunan Kembali Gedung C
Gedung C akan direncanakan untuk dibangun kembali pada semester ganjil ini.

 

11. Pembangunan Auditorium Gedung Serba Guna
Dalam menunjang kegiatan akademik maupun non-akademik di FISIP UI, Dekan berencana akan membangun sebuah Auditorium berkapasitas 1000 orang yang akan dilokasikan di sekitar Bukit Teletubbies. Pihak PPF menjelaskan bahwa pembangunan akan dimulai pada tahun ini.

 

12. Perbaikkan Gedung H
Kondisi Gedung H saat ini mengalami kerusakan pada atap atau gentengnya yang sudah rubuh saat semester lalu. Akan ada perbaikan untuk memperbaiki kondisi atap samping yang rubuh. Saat ini pihak PPF telah membuka tender dalam pembangunannya, dan direncanakan akan dibangun kembali pada bulan Oktober. Pembangunan tersebut kemungkinan akan mengganggu perkuliahan pada semester ganjil nanti.

 

13. Pembangunan Musholla FISIP UI
Rencana pembangunan Mushola rupanya akan ditunda tahun ini dan belum bisa diperbaiki, hal ini disebabkan adanya permintaan dari pihak penanggung jawab Mushola yang desain dan pembangunannya di luar kesanggupan PPF sehingga belum bisa dibuat tahun ini.

 

14. Pembangunan Cafe bekas PPAA Lama dan Alae

Ruangan bekas PPAA lama direncanakan akan digunakan menjadi sebuah Cafe yang nantinya menjadi tempat makan yang baru selain Kantin Takor dan Takoru. Saat ini sudah berlangsung pembaharuan ruangan dan penataan cafe.

 

15. Selasar FISIP UI
Selasar rencananya akan diperbaiki kondisinya secara bertahap. Selasar yang diperbaki terutama selasar penghubung Gedung H ke Gedung Komunikasi dan Gedung M yang atapnya berlubang sehingga ketika hujan jalanan tergenang.

 

16. Parkiran Motor
Akan diperbaiki kondisinya namun secara bertahap tidak keseluruhan secara langsung. Yang akan diperbaiki terlebih dahulu ialah perbaikan conblock di parkiran motor. Terkait atap, masih menunggu desain yang cocok dan seperti yang dilansir Wakil Manajer PPF bahwa Dekan menginginkan atap parkiran motor FISIP seperti atap parkiran Fakultas Teknik UI. Pembangunan bertahap parkiran ini menunggu terlebih dahulu pembangunan Gedung H selesai diperbaiki kembali.

 

17. Komputer Perpustakaan MBRC
Komputer yang nantinya akan dipasang di MBRC sebagai penunjang akademik Mahasiswa sudah ada di Pelabuhan barang masuk. Namun masih belum sampai ke tangan pihak PPF dikarenakan komputer-komputer tersebut masih tertahan oleh Bea Cukai dan menunggu surat resmi dari Kedutaan Besar Cina.

 

Demikianlah notula pertemuan ini kami sampaikan. BEM FISIP UI 2016 khususnya Departemen Adkesma akan selalu berusaha mengadvokasikan kepentingan mahasiswa/i FISIP UI demi kebaikan kampus kita. Mari kawal terus aspirasi kita!