, , , , , ,

Tuang Gagasan: FISIP Starter Pack 2018

Hari yang ditunggu telah tiba

Sebuah awal perjalanan panjang telah menanti

Jalur yang didaki memang tak selalu landai

Namun, curam bukanlah alasan untuk berhenti dan menyerah

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata ‘karir’? Pekerjaan? Tidak sesederhana itu kawan. Karir adalan jalan hidup yang kita pilih sendiri. Kita menyusurinya sejak kita lahir hingga kita dikuburkan. Tuhan mengaruniakan kita kehendak bebas dalam menentukan jalan mana yang akan kita tempuh, demi mencapai masa depan yang kita inginkan. Namun, minimnya sumber informasi seolah membuat jalan itu tak terlihat. Inilah yang seringkali menghambat kita dalam menentukan karir. Sekitar 95,6% mahasiswa FISIP UI masih merasakan minimnya keberadaan informasi seputar karir, khususnya karir pasca kampus mereka.

Mari persempit konteks ‘manusia’ pada ‘mahasiswa’ dan ‘karir’ pada ‘karir pasca kampus’.

Mahasiswa tentu memiliki kesadaran aktif dalam mencari informasi pasca kampusnya.  Permasalahan yang seringkali terjadi di lingkungan FISIP UI adalah tak semua mahasiswa memiliki kesadaran yang sama untuk mau aktif dalam mencari informasi-informasi yang menunjang kehidupannya setelah ia lulus.

Problematika tidak hanya pada mahasiswa yang tidak memiliki kesadaran, tetapi mahasiswa yang telah memiliki kesadaran pun memiliki permasalahan terkait sumber informasi pasca kampus yang mereka gunakan. Kebingungan masih melanda mahasiswa FISIP UI dalam menentukan sumber informasi mana yang ia gunakan sebagai acuan. Beberapa mahasiswa telah menjadikan sosial media sebagai sumber informasi pasca kampus utamanya. Namun, begitu banyak informasi di sosial media yang tidak relevan dengan kebutuhan mahasiswa FISIP UI menjadi kendala baru bagi mahasiswa dalam mempersiapkan kehidupan pasca kampusnya.

Hal inilah yang menjadikan kami, Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018, menggagas suatu kanal media penyedia informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI. Kanal tersebut berupa Official Account LINE bernama FISTERPACK atau FISIP Starter Pack. Kata ‘Starter Pack’ mengandung arti kanal media ini dapat memberikan pembekalan berupa informasi-informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI.

FISTERPACK membagi informasi pasca kampus dalam tiga kategori utama, yaitu lowongan kerja, lowongan magang, dan informasi beasiswa. Ketiga kategori tersebut dipublikasikan pada hari yang berbeda di setiap minggunya, demi pembagian informasi pasca kampus yang merata dalam kanal media ini. Namun, tak hanya ketiga informasi tersebut, kami juga menyediakan informasi tambahan lain berupa ‘FISTERPACK Insight’ yang akan menyediakan berbagai kiat-kiat maupun insight lainnya yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa FISIP UI mengenai kehidupan pasca kampus. Keberadaan informasi seperti volunteer, seminar, workshop, dan acara lain yang kiranya relevan dalam membantu mahasiswa FISIP UI lainnya juga menjadi salah satu dari sekian konten yang akan dimuat dalam FISTERPACK.

FISTERPACK di sini bukanlah penyedia, melainkan penyalur. Informasi selalu kita saring baik dari kejelasan sumber hingga kesesuaiannya dengan kebutuhan mahasiswa. Tentunya informasi hoax adalah musuh terbesar kami. Satu hal yang penting, FISTERPACK sangat terbuka bagi mahasiswa FISIP UI yang hendak menyalurkan informasi pasca kampus dengan cara yang memudahkan mereka. Hal ini menunjukkan FISTERPACK sebagai kanal media yang sangat dekat bagi mahasiswa FISIP UI.

April 2018 merupakan awal mula berjalannya FISTERPACK. Hingga saat ini, telah dua bulan lebih kami menjadi saluran penyedia informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI. Pada akhirnya, FISTERPACK diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan kurangnya informasi pasca kampus yang relevan bagi mahasiswa FISIP UI. Sebagai program kerja yang baru berdiri, kami tidak terlepas dari berbagai kekurangan yang ada. Namun, kami percaya suatu hari nanti, FISTERPACK akan menjadi sebuah kanal media besar yang menjadi kebutuhan bagi mahasiswa FISIP UI dalam menentukan jalan karir apa yang hendak ia gapai.

Ada baiknya untuk menutup tulisan ini melalui sepatah-dua patah kata,

Masa depan tidak diciptakan untuk ditunggu, sebab masa depan ada untuk diperjuangkan” – Jeremy Bagas Taruna

Salam,

Jeremy Bagas Taruna, FISIP UI 2017

Project Officer FISTERPACK 2018

, ,

Tuang Gagasan: Hari Seni Rupa 2018

We are very vulnerable, fragile creatures in desperate need of support. Art (can be) source of help with our problems – our innermost problems – the problems of the soul” – Alain de Botton

Dalam tiap jiwa manusia, seni mengisi kekosongan diri serta menghadirkan emosi dengan berbagai cara. Seni merupakan hal yang tidak lepas dari kehidupan manusia dan bagian dari kebudayaan yang diciptakan dari hubungan manusia dalam lingkungan sosialnya. Maka dari itu, seni dibutuhkan untuk menyempurnakan jalannya kehidupan diri manusia, di mana tiap individu dapat memanifestasikan seninya melalui sebuah karya dalam berbagai medium.

Kembali dalam konteks kampus, di mana setiap mahasiswa/i memiliki minat dan bakat seni yang dapat diaktualisasi untuk pengembangan diri mahasiswa/i. Dunia persenian di FISIP sangat aktif, hal ini dapat dibuktikan dengan aktifnya kegiatan seni di dalam maupun luar kampus serta berbagai prestasi yang ditoreh FISIP dalam berbagai ajang kesenian. Namun perkembangan seni rupa di FISIP belakangan ini mengalami stagnansi. Disamping itu terdapat mahasiswa dan mahasiswi FISIP yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni rupa, namun masih berkarya secara individual. Kesadaran yang ingin ditanamkan adalah kesadaran untuk menciptakan karya secara organik dan kolektif, sehingga tercipta iklim berkesenian yang berkelanjutan dan progresif. Hari Seni Rupa hadir sebagai wadah pengembangan potensi mahasiswa/i dalam bidang seni rupa, di mana mahasiswa/i dapat meningkatkan daya cipta dalam berkarya serta berjejaring.

Hari Seni Rupa terdiri rangkaian acara diskusi, kelas, dan pameran seni rupa kontemporer di FISIP. Rangkaian acara Hari Seni Rupa dibagi menjadi empat mata acara, antara lain Nonton Asyik, Sayembara Ide, Kelas Rupa, dan acara puncak yaitu Pameran Karya. Diawali dengan Nonton Asyik, yaitu acara screening film dokumenter “Cutie and The Boxer” karya Zachary Heinzerling, dilanjutkan dengan diskusi yang diisi oleh Komplotan Jkt32C. Setelah itu adalah sayembara ide adalah pendaftaran terbuka untuk partisipan pameran dan kelas rupa. Kelas Rupa dibagi menjadi tiga sesi utama dengan berbagai materi yang saling berkesinambungan satu sama lain yaitu, pengenalan seni rupa, eksplorasi dan pemilihan medium serta presentasi ide karya.

Tema acara Hari Seni Rupa yakni “Interasyik”. Interaksi merupakan proses saling mempengaruhi antara dua objek atau lebih, baik antar manusia maupun fenomena, masalah, kondisi bahkan benda mati di sekitar kita. Dari berbagai interaksi tersebut dapat muncul berbagai relasi yang menghasilkan suatu gagasan. Gagasan itulah yang disalurkan menjadi sebuah karya seni rupa. Pemberian kata ‘asyik’ mengibaratkan bahwa tiap proses dalam seni rupa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh sukacita. Hari Seni Rupa turut bekerja sama dengan komunitas seni Jakarta 32oC yaitu  komunitas yang berfokus pada pengembangan jejaring mahasiswa dalam lingkup seni kontemporer di Jakarta.

Proses  pembuatan karya seni rupa, menjadi satu hal yang sangat menarik. Di mana para peserta, bagi membangun roh pada tiap karyanya dan tentu melalui dinamika yang cukup panjang. Proses tersebut melalui pengolahan ide karya, observasi dan riset, pemilihan medium, pembuatan karya hingga karya siap untuk dipamerkan. Proses tersebut sejatinya membangun hubungan yang erat antara pembuat karya, penikmat karya serta karyanya itu sendiri.

Harapannya acara Hari Seni Rupa dapat membangkitkan semangat berkarya dan kemampuan daya cipta serta kreatifitas teman-teman FISIP. Lebih dari itu, proses pembuatan karya dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri teman-teman FISIP untuk dapat berkontribusi lebih. Kami tunggu kehadiran teman-teman sekalian pada pameran karya Hari Seni Rupa 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Mei 2018 di FISIP UI. Mari hadir, nikmati, dan apresasi karya jagoan rupa FISIP!

Salam hangat,

Retasya Bonita,

Ketua Pelaksana Hari Seni Rupa 2018.

Tuang Gagasan: FISIPRESIASI 2016

yasqi-tuang-gagas-line

 

Tahun 2016 telah kita lalui bersama. Banyak hal yang telah terjadi di FISIP rumah kita. Segala peristiwa, cerita, upaya, dan pencapaian mewarnai hari-hari kita. Anak FISIP sebagai aktor utama tak pernah lelah untuk terus mencurahkan semangatnya agar FISIP ini selalu hidup dan nyaman ditempati. Semangat #SATUFISIP lah yang membuat mereka dengan bangga dan tulus menghidupkan FISIP UI.

Namun, tak semua mengetahui ragam cerita yang terjadi untuk menghidupi dan membanggakan FISIP. Tak semua tahu apa yang dilakukan dan dikorbankan untuk terus membuat FISIP hidup dan layak dibanggakan. Untuk itu, Bidang Hubungan Masyarakat BEM FISIP UI 2016 kembali menghadirkan FISIPRESIASI pada tahun ini.

FISIPRESIASI 2016 hadir sebagai wadah bagi mahasiswa FISIP untuk mengetahui beragam usaha yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP serta wadah untuk saling mengapresiasi berbagai pencapaian yang diraih oleh mahasiswa FISIP selama tahun 2016. Mengangkat tema Semarak Apresiasi, FISIPRESIASI 2016 berusaha membuat apresiasi menjadi hal yang menyenangkan dan meriah. Sama seperti FISIP yang selalu menyenangkan untuk ditempati dan tak pernah sepi dari hiruk pikuk hampir di setiap harinya.

Untuk menyebarkan cerita yang mengiringi FISIP selama setahun ini, FISIPRESIASI 2016 hadir melalui beragam bentuk. Pojok Kilas Balik akan hadir dari 5-8 Desember untuk merangkum cerita FISIP per bulannya. Mulai dari kegiatan yang diadakan di FISIP pada bulan itu, sampai pencapaian yang diraih mahasiswa FISIP pada bulan tertentu. Bahkan, beragam kejadian menarik yang terjadi di FISIP selama setahun ini bisa kalian baca di Pojok Kilas Balik. Selain itu, ada Kaleidoskop FISIP 2016 yang hadir untuk menceritakan lebih lengkap lagi berbagai cerita di FISIP selama setahun. Ditambah berbagai pandangan mahasiswa FISIP tentang rumahnya selama setahun ini. Tak lupa, ada Galeri Apresiasi yang dipajang pada 5-8 Desember agar warga FISIP bisa secara langsung mengetahui mahasiswa FISIP lainnya yang telah berjuang untuk kebanggaan FISIP.

Sebagai salah satu wadah apresiasi, FISIPRESIASI mengadakan kampanye #TerimaKasihBuat agar warga FISIP, terutama mahasiswa bisa mengapresiasi satu sama lain. Kampanye ini masih bisa diikuti hingga tanggal 8 Desember 2016 untuk diunggah di Line atau Instagram masing-masing.

Cerita FISIP selama 2016 akan ditutup di MALAM PUNCAK FISIPRESIASI 2016 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Desember 2016 di Lapangan Parkir Psikologi, Universitas Indonesia. Malam puncak akan dimeriahkan oleh penampilan kontingen FISIP untuk UI Art War seperti stand up comedy, band, solo vocal, vocal group, tari, deklamasi puisi, film, dan teater. Tak lupa karya seperti lukisan, mural, poster dan lainnya dipamerkan agar warga FISIP bisa kembali menikmati keindahan karya tersebut. Untuk semakin meramaikan suasana, Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 turut dimeriahkan oleh Somewhere Somewhere, Feast, dan Sisitipsi. Ada juga kudapan gratis yang bisa dinikmati sambil menyaksikan berbagai penampilan di Malam Puncak FISIPRESIASI 2016.

Maka dari itu, mari datang ke Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 untuk merayakan cerita dan usaha kita selama setahun ini. Marilah datang untuk saling memberi selamat pada satu sama lain karena usaha dan pencapaiannya di tahun ini. Marilah datang untuk bertemu saudara se-FISIP yang menjadikan satu tahun yang kita lalui menjadi menyenangkan. Karena salah satu wujud apresiasi paling mudah adalah kehadiran.

Tuang Gagasan Liga FISIP UI 2016

oim-quiz-iqbal

Pierre de Coubertin mempopulerkan kata-kata Citius, Altius, Fortius yang berarti lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Jiwa kompetitif akan lahir di dalam diri manusia seiring dengan adanya keinginan untuk menjadi lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Itulah makna dari kegiatan olahraga yang ingin ditularkan oleh de Coubertin bahwa melalui kegiatan olahraga, maka manusia akan terus berusaha menjadi lebih baik.

Akan tetapi, kegiatan olahraga bukan hanya sekedar mencari siapa yang lebih hebat, kegiatan olahraga lebih dari itu. Kegiatan olahraga dapat menjadi sebuah ajang rekreasi yang mempersatukan serta mempererat tali persahabatan diantara pihak-pihak yang memainkannya.

Makna-makna dari kegiatan olahraga diatas coba diwujudkan oleh Departemen Olahraga BEM FISIP UI 2016 dengan melahirkan kompetisi olahraga antar fakultas sosial humaniora se-Jabodetabek bernama Liga FISIP UI.

Mengapa Liga FISIP UI dapat menjadi aktualisasi makna olahraga yang sudah disebutkan diatas khususnya bagi FISIP UI?

Saat ini, FISIP sudah memiliki pencapaian hebat dalam bidang olahraga. Hal tersebut dibuktikan per tahun 2015, FISIP sudah mengoleksi 10 kali juara umum Olimpiade UI. Namun, dibalik prestasi yang mengkilap tersebut ada fakta yang cukup menyedihkan bahwa banyak dari komunitas olahraga di FISIP baru melakukan latihan pada saat menjelang Olimpiade UI berlangsung. Hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan potensi yang dimiliki mahasiswa FISIP tidak akan terasah jika komunitas olahraga FISIP sebagai sarana untuk mengasah potensi mahasiswa FISIP dalam bidang olahraga tidak melakukan latihan rutin.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengikuti kompetisi selain Olimpiade UI untuk menggairahkan komunitas olahraga di FISIP supaya tetap melakukan latihan rutin walaupun pelaksaaan Olimpiade UI tidak terjadi dalam waktu dekat. Ada dua cara untuk mewujudkan hal tersebut, Pertama, mencari kompetisi; kedua, menyelenggarakan kompetisi. Cara yang kami lakukan adalah cara kedua yaitu dengan menyelenggarakan kompetisi yang bernama Liga FISIP UI.

Diselenggarakannnya Liga FISIP UI diharapkan dapat menjadi ajang bagi komunitas olahraga FISIP untuk menaikan gairah mereka melakukan latihan rutin serta dapat menunjukan hasil latihan rutin yang mereka telah lakukan di dalam sebuah kompetisi profesional. Selain itu, kompetisi Liga FISIP juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi FISIP UI untuk mempererat persahabatan dengan fakultas-fakultas sosial humaniora lainya diluar UI.

Tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan pertama Liga FISIP UI. Pada tahun ini, kami membawa tema “Memulai dan Merayakan”. Tema ini memiliki arti bahwa tahun ini menjadi tonggak awal kompetisi yang diselenggarakan oleh FISIP UI yang diharapkan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Sebagai penyelenggaran pertama, sudah sepatutnya Liga FISIP UI 2016 dirayakan oleh masyarakat FISIP UI.

Rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 dibagi menjadi 3 bagian. Pre-Event, Pertandingan, dan Penutupan. Dalam Pre-Event, Liga FISIP UI 2016 sudah mengadakan jogging bareng SATUFISIP, #kamisjersey, serta Coaching Clinic Futsal bersama Adriansyah “Adom” Agustin. Pertandingan Liga FISIP UI 2016 terdiri dari dua cabang yaitu Futsal Putra dan Basket Putra yang diadakan di GOR Ciracas untuk cabang Futsal Putra dan Gymnasium UI untuk cabang Basket Putra. Seluruh rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 akan ditutup dengan uapcara penutupan yang akan diselenggarakan di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.

Liga FISIP UI 2016 kini sudah berjalan. Memang mimpi kami untuk menjadikan kompetisi ini sebuah ajang yang dapat menaikan gairah komunitas olahraga FISIP belum bisa tercapai pada penyelenggaraan tahun ini dikarenakan kompetisi yang dipertandingkan hanya dua cabang saja. Namun, apa yang kami lakukan tahun ini merupakan langkah awal yang signifikan menuju mimpi besar itu.
Maka dari itu,

FISIP, bersiaplah, sebuah sejarah baru akan segera dicetak!

 

Iqbal Ramadhan

FISIP UI 2013/14

Ketua Pelaksana Liga FISIP UI 2016

Tuang Gagasan: TEKAT FISIP UI 2016

 

“Kenali Potensi, Wujudkan Mimpi!”

TEKAT (Tes Minat dan Bakat) FISIP UI 2016 merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Indonesia 2016. Dengan mengusung tema, “Kenali Potensi, Wujudkan Mimpi”, tujuan yang diharapkan adalah tercapainya pemahaman peserta mengenai proyeksi jurusan yang tepat di perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. TEKAT FISIP UI 2016 terbuka untuk umum khususnya anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas/Sederajat.

TEKAT FISIP UI 2016 membawa nilai-nilai yang diambil dari gabungan nilai-nilai Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2016 yakni BROH (Benefits, Care, Optimal, dan Happy) serta nilai-nilai  dari BEM FISIP UI 2016 itu sendiri, yaitu bersama, kritis, menyenangkan. Implementasi nilai-nilai tersebut dapat dilihat dari keseluruhan rangkaian acara TEKAT FISIP UI 2016 dimulai dari pra-acara, roahdshow, maupun pada saat acara nanti.

TEKAT FISIP UI 2016 dapat membantu peserta dalam meningkatkan rasa percaya diri, keyakinan, dan keberanian untuk menetapkan jurusan berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki.  Selain itu, peserta dapat mengetahui dirinya lebih dalam lagi, lingkungan kerja yang cocok dan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, ataupun pemahaman tentang seleksi masuk PTN.

Kami sangat berharap peserta tidak salah memilih jurusan di PTN yang mereka pilih melalui TEKAT FISIP UI 2016. TEKAT FISIP UI 2016 akan berusaha untuk memberikan kualitas yang terbaik kepada peserta yang mengikutinya. Maka dari itu, TEKAT FISIP UI 2016 dapat membantu teman-teman dalam meraih mimpi yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

 

Tazkya Nadira,

Ketua Pelaksana TEKAT FISIP UI 2016

,

Tuang Gagasan: FISIP Masuk Desa 2016

“Sebagai fana, kita tak pernah tahu berapa banyak lagi waktu tersisa untuk bersama. Jadi, mari jalin segalanya sebaik dan seindah yang kita bisa.” – Helvy Tiana Rosa

Butuh waktu berapa lama untuk siap berbagi, FISIP?

Read more