Tuang Gagasan: FISIPRESIASI 2016

yasqi-tuang-gagas-line

 

Tahun 2016 telah kita lalui bersama. Banyak hal yang telah terjadi di FISIP rumah kita. Segala peristiwa, cerita, upaya, dan pencapaian mewarnai hari-hari kita. Anak FISIP sebagai aktor utama tak pernah lelah untuk terus mencurahkan semangatnya agar FISIP ini selalu hidup dan nyaman ditempati. Semangat #SATUFISIP lah yang membuat mereka dengan bangga dan tulus menghidupkan FISIP UI.

Namun, tak semua mengetahui ragam cerita yang terjadi untuk menghidupi dan membanggakan FISIP. Tak semua tahu apa yang dilakukan dan dikorbankan untuk terus membuat FISIP hidup dan layak dibanggakan. Untuk itu, Bidang Hubungan Masyarakat BEM FISIP UI 2016 kembali menghadirkan FISIPRESIASI pada tahun ini.

FISIPRESIASI 2016 hadir sebagai wadah bagi mahasiswa FISIP untuk mengetahui beragam usaha yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP serta wadah untuk saling mengapresiasi berbagai pencapaian yang diraih oleh mahasiswa FISIP selama tahun 2016. Mengangkat tema Semarak Apresiasi, FISIPRESIASI 2016 berusaha membuat apresiasi menjadi hal yang menyenangkan dan meriah. Sama seperti FISIP yang selalu menyenangkan untuk ditempati dan tak pernah sepi dari hiruk pikuk hampir di setiap harinya.

Untuk menyebarkan cerita yang mengiringi FISIP selama setahun ini, FISIPRESIASI 2016 hadir melalui beragam bentuk. Pojok Kilas Balik akan hadir dari 5-8 Desember untuk merangkum cerita FISIP per bulannya. Mulai dari kegiatan yang diadakan di FISIP pada bulan itu, sampai pencapaian yang diraih mahasiswa FISIP pada bulan tertentu. Bahkan, beragam kejadian menarik yang terjadi di FISIP selama setahun ini bisa kalian baca di Pojok Kilas Balik. Selain itu, ada Kaleidoskop FISIP 2016 yang hadir untuk menceritakan lebih lengkap lagi berbagai cerita di FISIP selama setahun. Ditambah berbagai pandangan mahasiswa FISIP tentang rumahnya selama setahun ini. Tak lupa, ada Galeri Apresiasi yang dipajang pada 5-8 Desember agar warga FISIP bisa secara langsung mengetahui mahasiswa FISIP lainnya yang telah berjuang untuk kebanggaan FISIP.

Sebagai salah satu wadah apresiasi, FISIPRESIASI mengadakan kampanye #TerimaKasihBuat agar warga FISIP, terutama mahasiswa bisa mengapresiasi satu sama lain. Kampanye ini masih bisa diikuti hingga tanggal 8 Desember 2016 untuk diunggah di Line atau Instagram masing-masing.

Cerita FISIP selama 2016 akan ditutup di MALAM PUNCAK FISIPRESIASI 2016 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Desember 2016 di Lapangan Parkir Psikologi, Universitas Indonesia. Malam puncak akan dimeriahkan oleh penampilan kontingen FISIP untuk UI Art War seperti stand up comedy, band, solo vocal, vocal group, tari, deklamasi puisi, film, dan teater. Tak lupa karya seperti lukisan, mural, poster dan lainnya dipamerkan agar warga FISIP bisa kembali menikmati keindahan karya tersebut. Untuk semakin meramaikan suasana, Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 turut dimeriahkan oleh Somewhere Somewhere, Feast, dan Sisitipsi. Ada juga kudapan gratis yang bisa dinikmati sambil menyaksikan berbagai penampilan di Malam Puncak FISIPRESIASI 2016.

Maka dari itu, mari datang ke Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 untuk merayakan cerita dan usaha kita selama setahun ini. Marilah datang untuk saling memberi selamat pada satu sama lain karena usaha dan pencapaiannya di tahun ini. Marilah datang untuk bertemu saudara se-FISIP yang menjadikan satu tahun yang kita lalui menjadi menyenangkan. Karena salah satu wujud apresiasi paling mudah adalah kehadiran.

Tuang Gagasan Liga FISIP UI 2016

oim-quiz-iqbal

Pierre de Coubertin mempopulerkan kata-kata Citius, Altius, Fortius yang berarti lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Jiwa kompetitif akan lahir di dalam diri manusia seiring dengan adanya keinginan untuk menjadi lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Itulah makna dari kegiatan olahraga yang ingin ditularkan oleh de Coubertin bahwa melalui kegiatan olahraga, maka manusia akan terus berusaha menjadi lebih baik.

Akan tetapi, kegiatan olahraga bukan hanya sekedar mencari siapa yang lebih hebat, kegiatan olahraga lebih dari itu. Kegiatan olahraga dapat menjadi sebuah ajang rekreasi yang mempersatukan serta mempererat tali persahabatan diantara pihak-pihak yang memainkannya.

Makna-makna dari kegiatan olahraga diatas coba diwujudkan oleh Departemen Olahraga BEM FISIP UI 2016 dengan melahirkan kompetisi olahraga antar fakultas sosial humaniora se-Jabodetabek bernama Liga FISIP UI.

Mengapa Liga FISIP UI dapat menjadi aktualisasi makna olahraga yang sudah disebutkan diatas khususnya bagi FISIP UI?

Saat ini, FISIP sudah memiliki pencapaian hebat dalam bidang olahraga. Hal tersebut dibuktikan per tahun 2015, FISIP sudah mengoleksi 10 kali juara umum Olimpiade UI. Namun, dibalik prestasi yang mengkilap tersebut ada fakta yang cukup menyedihkan bahwa banyak dari komunitas olahraga di FISIP baru melakukan latihan pada saat menjelang Olimpiade UI berlangsung. Hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan potensi yang dimiliki mahasiswa FISIP tidak akan terasah jika komunitas olahraga FISIP sebagai sarana untuk mengasah potensi mahasiswa FISIP dalam bidang olahraga tidak melakukan latihan rutin.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengikuti kompetisi selain Olimpiade UI untuk menggairahkan komunitas olahraga di FISIP supaya tetap melakukan latihan rutin walaupun pelaksaaan Olimpiade UI tidak terjadi dalam waktu dekat. Ada dua cara untuk mewujudkan hal tersebut, Pertama, mencari kompetisi; kedua, menyelenggarakan kompetisi. Cara yang kami lakukan adalah cara kedua yaitu dengan menyelenggarakan kompetisi yang bernama Liga FISIP UI.

Diselenggarakannnya Liga FISIP UI diharapkan dapat menjadi ajang bagi komunitas olahraga FISIP untuk menaikan gairah mereka melakukan latihan rutin serta dapat menunjukan hasil latihan rutin yang mereka telah lakukan di dalam sebuah kompetisi profesional. Selain itu, kompetisi Liga FISIP juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi FISIP UI untuk mempererat persahabatan dengan fakultas-fakultas sosial humaniora lainya diluar UI.

Tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan pertama Liga FISIP UI. Pada tahun ini, kami membawa tema “Memulai dan Merayakan”. Tema ini memiliki arti bahwa tahun ini menjadi tonggak awal kompetisi yang diselenggarakan oleh FISIP UI yang diharapkan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Sebagai penyelenggaran pertama, sudah sepatutnya Liga FISIP UI 2016 dirayakan oleh masyarakat FISIP UI.

Rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 dibagi menjadi 3 bagian. Pre-Event, Pertandingan, dan Penutupan. Dalam Pre-Event, Liga FISIP UI 2016 sudah mengadakan jogging bareng SATUFISIP, #kamisjersey, serta Coaching Clinic Futsal bersama Adriansyah “Adom” Agustin. Pertandingan Liga FISIP UI 2016 terdiri dari dua cabang yaitu Futsal Putra dan Basket Putra yang diadakan di GOR Ciracas untuk cabang Futsal Putra dan Gymnasium UI untuk cabang Basket Putra. Seluruh rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 akan ditutup dengan uapcara penutupan yang akan diselenggarakan di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.

Liga FISIP UI 2016 kini sudah berjalan. Memang mimpi kami untuk menjadikan kompetisi ini sebuah ajang yang dapat menaikan gairah komunitas olahraga FISIP belum bisa tercapai pada penyelenggaraan tahun ini dikarenakan kompetisi yang dipertandingkan hanya dua cabang saja. Namun, apa yang kami lakukan tahun ini merupakan langkah awal yang signifikan menuju mimpi besar itu.
Maka dari itu,

FISIP, bersiaplah, sebuah sejarah baru akan segera dicetak!

 

Iqbal Ramadhan

FISIP UI 2013/14

Ketua Pelaksana Liga FISIP UI 2016

Tuang Gagasan: TEKAT FISIP UI 2016

 

“Kenali Potensi, Wujudkan Mimpi!”

TEKAT (Tes Minat dan Bakat) FISIP UI 2016 merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Indonesia 2016. Dengan mengusung tema, “Kenali Potensi, Wujudkan Mimpi”, tujuan yang diharapkan adalah tercapainya pemahaman peserta mengenai proyeksi jurusan yang tepat di perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. TEKAT FISIP UI 2016 terbuka untuk umum khususnya anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas/Sederajat.

TEKAT FISIP UI 2016 membawa nilai-nilai yang diambil dari gabungan nilai-nilai Biro Dana Usaha BEM FISIP UI 2016 yakni BROH (Benefits, Care, Optimal, dan Happy) serta nilai-nilai  dari BEM FISIP UI 2016 itu sendiri, yaitu bersama, kritis, menyenangkan. Implementasi nilai-nilai tersebut dapat dilihat dari keseluruhan rangkaian acara TEKAT FISIP UI 2016 dimulai dari pra-acara, roahdshow, maupun pada saat acara nanti.

TEKAT FISIP UI 2016 dapat membantu peserta dalam meningkatkan rasa percaya diri, keyakinan, dan keberanian untuk menetapkan jurusan berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki.  Selain itu, peserta dapat mengetahui dirinya lebih dalam lagi, lingkungan kerja yang cocok dan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, ataupun pemahaman tentang seleksi masuk PTN.

Kami sangat berharap peserta tidak salah memilih jurusan di PTN yang mereka pilih melalui TEKAT FISIP UI 2016. TEKAT FISIP UI 2016 akan berusaha untuk memberikan kualitas yang terbaik kepada peserta yang mengikutinya. Maka dari itu, TEKAT FISIP UI 2016 dapat membantu teman-teman dalam meraih mimpi yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

 

Tazkya Nadira,

Ketua Pelaksana TEKAT FISIP UI 2016

,

Tuang Gagasan: FISIP Masuk Desa 2016

“Sebagai fana, kita tak pernah tahu berapa banyak lagi waktu tersisa untuk bersama. Jadi, mari jalin segalanya sebaik dan seindah yang kita bisa.” – Helvy Tiana Rosa

Butuh waktu berapa lama untuk siap berbagi, FISIP?

Read more

,

Tuang Gagasan: Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016

FISIP saat ini dapat diibaratkan sebagai wadah yang sangat besar. Luas dan mampu menampung banyak hal. Namun, para pengisi wadah tersebut lupa atau bahkan tidak sadar bahwa mereka punya hak untuk menggunakan dan memanfaatkan segala sesuatu yang telah disediakan dan diberikan oleh FISIP baik dari segi fasilitas maupun partisipasi. Masih banyak mahasiswa yang belum sadar akan betapa pentingnya peran mereka untuk menghidupkan FISIP, untuk kembali menjadikan FISIP sebagai rumah, bukan hanya tempat singgah. Masih banyak yang belum merasa bahwa FISIP adalah tempat yang nyaman, tempat di mana kita bisa melakukan banyak hal, tempat kita bisa berekspresi, dan tempat di mana kita bisa menjadi diri sendiri.

Peluncuran Akbar adalah acara awal tahun yang menjadi akses untuk mengenalkan beberapa elemen yang ada di FISIP yang bisa memberikan kemudahan untuk mengisi Ruang Publik yang ada. Acara Peluncuran Akbar akan diadakan pada hari Senin tanggal 21 Maret 2016, bertempat di Selasar PAU. Acara ini adalah acara awal tahun kepengurusan lembaga-lembaga di FISIP UI. Di tahun 2016 ini, Peluncuran Akbar mempertahankan konsep Peluncuran Akbar #SATUFISIP, dimana mata acara inti adalah memperkenalkan 13 lembaga yang ada di FISIP, juga memperkenalkan berbagai komunitas yang ada di FISIP. Tahun ini kami mencoba untuk mengangkat kembali “FISIP RUMAH KITA” dengan kemasan yang baru dengan mengartikan “Rumah” itu sendiri dengan suasana yang akan kami gambarkan di acara ini. Dengan mengangkat tema “Pesta Rakyat FISIP”, tujuan yang kami harapkan adalah terciptanya suasana yang sederhana, dekat, serta menyenangkan baik untuk mahasiswa FISIP sendiri maupun para tamu yang akan datang. Dengan terciptanya suasana tersebut, kami mempunyai mimpi akan masyarakat FISIP yang nantinya sadar dan ingin ikut bersama menghidupkan FISIP. Dengan kondisi FISIP belakangan ini, tema tersebut dirasa sesuai untuk diangkat.

Kami sangat mengharapkan, bahwa dengan adanya Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 ini dan dengan berbagai mata acara yang akan diberikan nantinya, mahasiswa sadar akan pentingnya peran setiap dari mereka untuk mengisi berbagai ruang yang ada di FISIP tanpa harus menjadi bagian dari apapun, dan dengan timbulnya kesadaran tersebut, kontribusi yang akan diberikan untuk menghidupkan FISIP dan kembali menjadikan FISIP sebagai rumah, akan meningkat.

“Karena FISIP hanya bisa dirasakan, bukan dijelaskan”

Zanira Fachri,
Ketua Pelaksana Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016

, , ,

Tuang Gagasan: FISIPRESIASI 2015

Di penghujung tahun 2015 segala tekad dan keringat sudah kita lewati dengan penuh jatuh bangun, Selama satu tahun kebelakang, hari demi hari menjadi romansa di kampus tercinta, FISIP UI. Anak FISIP dengan segala kesibukannya terus menawarkan segudang cerita yang digoreskan oleh orang – orang ikhlas.  terkhususnya para kontingen dan lembaga FISIP UI. Mereka adalah orang – orang ikhlas yang terus berjuang demi menghasilkan karya teruntuk kebanggaan #SATUFISIP.

Namun, sayang sungguh disayang, tidak banyak anak FISIP sadar dan mengetahui usaha – usaha dari orang – orang ikhlas ini. Bagaimana proses keberlangsungannya dan apa saja usaha-usaha terbaik yang telah diberikan untuk membesarkan nama FISIP UI. Karena untuk mengapresiasi, kita harus terlebih dahulu mengetahui usaha – usaha yang ada untuk diapresiasi dan membagi kebahagiaan tersebut. Hal inilah, yang mendasari Bidang Hubungan Masyarakat BEM FISIP UI 2015 mengadakan kembali FISIPRESIASI di tahun 2015.

Kebersamaan sebagai keluarga dibawah naungan satu rumah, yaitu FISIP memang memberikan cerita bagi masing – masing kita. Cerita akan tawa dan tangis perjuangan selama setahun yang menjadi bahan obrolan bersama, seakan – akan kita adalah satu kesatuan yang memiliki hubungan darah dengan satu sama lain. Menganggap saudara padahal tidak memiliki ikatan biologis apapun. Inilah alasan yang membuat FISIPRESIASI 2015 mengangkat tema kinfolk, yang merupakan kata lain dari kerabat fiktif. Rasa kekeluargaan yang ingin dicapai oleh FISIPRESIASI 2015 juga tertuang dalam taglinenya yaitu, “Semangat Genggam Apresiasi”.

FISIPRESIASI 2015 memiliki dua rangkaian pra-acara, satu malam puncak, dan satu  Kaleidoskop FISIP UI 2015. Pra acaranya sendiri ada Galeri Apresiasi dan Museum FISIP. Galeri Apresiasi sudah berlangsung dari tanggal 23 November – 27 November 2015. Lalu, Museum FISIP, yang berisikan sejarah – sejarah FISIP dan fakta menarik FISIP, akan berlangsung selama 3 hari dari 7 Desember – 8 Desember 2015 di Selasar Gedung C. Semua rangkaian acara ini akan berakhir di Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 pada hari Kamis,10 Desember 2015 bertempat di Lapangan Psikologi, Universitas Indonesia. Akan ada penampilan atau pemutaran kembali kontingen FISIP di UI Art War, mulai dari Stand up Comedy, puisi, teater, tari, film, band, vokal grup, dan solo vokal. Selain itu, karya kontingen F4UIAW yang berupa foto, mural, dan lukisan akan dipajang juga. Tidak hanya itu, FISIPRESIASI turut dimeriahkan oleh TigaPagi, Feast, dan Syncopation. Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 dibuka untuk umum dan terdapat makanan gratis yang disajikan untuk para pengunjung.

Terdapat satu hal penting yang merupakan hal baru di FISIPRESIASI, yaitu Kaleidoskop FISIP UI 2015. Kaleidoskop FISIP UI 2015 adalah bentuk apresiasi terhadap segala karya, kontribusi dan prestasi mahasiswa FISIP UI. Dengan konten berupa sejarah, rangkuman kegiatan  FISIP selama tahun 2015 dan pandangan masyarakat mengenai FISIP bagi diri mereka. Lebih konkretnya, akan ada Antologi Perjalanan dari Ketua Lembaga, program kerja lembaga, dan pandangan dari anak FISIP. Selain itu, untuk menjaga nilai sejarah agar anak FISIP tidak menjadi masyarakat yang ahistoris, Kaleidoskop FISIP UI 2015 juga akan mengungkap Sejarah #SATUFISIP dan Kaos “Gue Anak FISIP”.

 Semua rangkaian acara FISIPRESIASI 2015, akan menjadi penutup masa kepengurusan lembaga dan juga ajang untuk menutup buku. Ada satu kutipan bagus dari John F. Kennedy,

“Ketika kita bersyukur, kita harus ingat bahwa apresiasi tertinggi adalah bukan sekedar kata-kata, tapi hidup dengan rasa syukur itu.”

Maka, mari datang ke Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 dan bersama – sama bersyukur atas pencapaian luar biasa FISIP pada tahun 2015 ini. Karena cara termudah untuk mengapresiasi yaitu hadir dan ikut merayakan bersama kegembiraan yang ada. Menjadikan segala perjuangan dan perjalanan menjadi milik bersama. Bersama-sama mengapresiasi satu sama lain dalam rasa syukur dan sukacita, sebagai satu keluarga, FISIP UI.

Baptista Ezra Dwi Suryananda, Ketua Pelaksana FISIPRESIASI 2015