, ,

Newsletter BEM FISIP UI – Agustus 2016

[fruitful_btn]Unduh Dengan Mengklik Tombol Ini[/fruitful_btn]

Catatan Perjalanan FMD 2016

,

FISIP Masuk Desa 2016 : Aksi Nyata Kami Telah Terwujud

DEPOK, BEM FISIP UI – Setelah persiapan selama beberapa bulan—dimulai dari diskusi bersama peserta, panitia, dan fasilitator, susur desa ke Kampung Tegal Panjang, dan team building antara peserta dan panitia dalam Baper Bareng FMD—akhirnya, FISIP Masuk Desa 2016 siap melakukan pengabdian masyarakat bagi warga Kampung Tegal Panjang, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Sesampainya di sana, peserta langsung dibagi dan diantar menuju rumah indung semang masing-masing. Hari pertama ini disebut dengan Senen Wawawuhan atau Senen Berkenalan sehingga peserta mulai berkenalan dengan indung semangnya, mempelajari gaya hidupnya, dan mulai beradaptasi dengan lingkungan Kampung Tegal Panjang. Mulai dari yang disuguhi makanan dari buka puasa hingga menjelang tidur sampai yang mandi di kamar mandi tanpa atap di luar rumah.

fmd-1

 

Di hari kedua, Salasa Ngariung atau Selasa Berkumpul, para indung semang dan ibu-ibu lainnya diajak berkumpul di SD Sukamulya untuk mengikuti kegiatan Usaha Rakyat. Dalam kegiatan ini, ibu-ibu Kampung Tegal Panjang membuat keripik pisang—mulai dari mengupas pisang hingga menggoreng pisang tersebut—kemudian, menentukan sendiri bentuk logo dan nama keripik pisang tersebut karena akan dipasarkan di FISIP usai liburan semester genap ini. Hasil dari penjualan keripik pisang ini akan diberikan kepada ibu-ibu yang ikut serta dalam kegiatan ini.

fmd-2

Selanjutnya, peserta mulai mempersiapkan diri untuk kegiatan Dari FISIP untuk Tegal Panjang dengan target sasaran anak-anak Kampung Tegal Panjang yang telah direncanakan sejak Baper Bareng FMD. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok dongeng, kelompok origami, dan kelompok menyanyi. Kelompok dongeng membawakan dongeng berjudul Misteri Kulit Pisang yang mengajarkan anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak merugikan orang lain. Kelompok origami mengajarkan anak-anak untuk membuat origami—dengan dua sampai tiga peserta sebagai fasilitatornya—bentuk pakaian, pesawat terbang, dan lain-lain. Terakhir, kelompok menyanyi mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Libur Telah Tiba dan Lihat Kebunku. Antusias dan semangat dari para peserta dan anak-anak Kampung Tegal Panjang membuat puasa hari itu tidak terasa.

fmd-3

Salasa Ngariung ditutup dengan buka puasa bersama—berupa gorengan, teh manis hangat, dan es buah—di depan rumah Pak RT.

Hari berganti dan FISIP Masuk Desa sudah memasuki hari terakhir. Disebut dengan Rebo Babagi atau Rabu Berbagi, karena peserta membagikan cerita dan pengalaman mereka selama tinggal di rumah indung semang masing-masing kepada peserta lainnya ketika jalan-jalan ke hutan pinus di pagi hari. Ada pengalaman yang senang, seram, canggung, takut, dan lain sebagainya. Kemudian, hari itu dialnjutkan dengan cek kesehatan dan pemberian obat gratis oleh ACT (Aksi Cepat Tanggap) di SD Sukamulya. Antusiasme warga Kampung Tegal Panjang cukup tinggi terlihat dari warga yang berdatangan secara bergantian mulai dari anak-anak hingga lansia.

fmd-4

Sesudah pengobatan gratis diadakan, peserta pamit kepada indung semang masing-masing dan siap untuk kembali ke Depok. Pamitan ini tak jarang diiringi dengan tangis dan doa dari para indung semang.

Tiga hari mungkin waktu yang tidak lama untuk melakukan pengabdian masyarakat, namun FISIP Masuk Desa berusaha untuk memberikan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi warga Kampung Tegal Panjang maupun peserta dan panitia yang terlibat. Aksi nyata kami telah terwujud, tetapi tidak berakhir sampai di sini.

,

Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 : Saatnya Bergerak untuk Mengisi Setiap Ruang di FISIP

Senin, 21 Maret 2016

Depok- Pada Senin, 21 Maret 2016 lalu telah diselenggarakan Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan sebuah acara untuk meluncurkan dan memperkenalkan seluruh lembaga dan komunitas yang ada di FISIP kepada seluruh warga FISIP dan Universitas Indonesia. Pada tahun ini, acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, membawa tema “Jinggaku, Rumahku”.

Selain itu, pada Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini, juga berusaha untuk memperkenalkan fokus permasalahan yang akan dibahas sepanjang pada tahun 2016. Melalui pembahasan Forbama (Forum Lembaga Mahasiswa), permasalahan yang diangkat untuk satu tahun ke depan adalah ruang publik. Ruang publik dalam konteks kali ini adalah fasilitas dan partisipasi. Forbama mengajak seluruh mahasiswa untuk meningkatan partisipasi mahasiswa yang dilakukan dengan penggunaan fasilitas ruang publik yang ada di lingkungan FISIP dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di FISIP. Sehingga, diharapkan seluruh warga FISIP merasa nyaman untuk melakukan kegiatan di FISIP dan kembali meramaikan dan menghidupkan setiap ruang-ruang yang ada di FISIP.

Untuk mengimplementasikan tema “Jinggaku, Rumahku”, Peluncuran Akbar #SATUFISIP kali ini mengangkat tema pesta rakyat yang sesuai dengan nilai yang dibawa tahun ini yaitu sederhana, nyaman, dan menyenangkan. Penggunaan tema “Pesta Rakyat”, dianggap sesuai dan dapat merepresentasikan kesederhanaan dan kenyamanan. Tema  Culbar tersebut, diturunkan dalam setiap mata acara dan kegiatan yang ada dalam acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan gratis yang disediakan di acara ini mulai dari berbagai macam gorengan, gulali, mie instan, hingga bakso. Suasana pesta rakyat makin terasa dengan adanya permainan seperti timpuk kaleng. Selain itu, sebagai buah tangan bagi para tamu undangan yang berasal dari BEM seluruh Universitas Indonesia adalah keong beserta rumah-rumahannya. Tidak hanya itu, sebagai bentuk perwujudan dari ruang publik, panitia menyediakan stan-stan yang diisi oleh para mahasiswa FISIP yang memiliki usaha pada sektor kuliner.

Acara utama adalah pengenalan lembaga yang akan ikut berkontribusi untuk menghidupkan FISIP selama setahun ke depan. Sebelum puncak acara, terdapat pembacaan puisi dari Kalmi Rama dan Gultor Azhar (Kriminologi 2013). Puncak dari acara ini adalah peluncuran Portal #SATUFISIP, yakni sebuah kanal media yang berisi seluruh jadwal kegiatan yang ada di FISIP sehingga seluruh mahasiswa FISIP dapat ikut meramaikan kegiatan tersebut dan bisa kembali meramaikan FISIP tercinta. Selain itu, ke depannya juga akan diluncurkan JinggaPeduli, Kalender ##SATUFISIP dan Rembuk #SATUFISIP. Keempat hal tersebut merupakan hasil diskusi BEM FISIP UI 2016 bersama dengan lembaga-lembaga lain yang tergabung dalam Forbama.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

*Penulis: Yasqi Harashta (dengan ubahan oleh Nurmalita Amelia dan Baptista Ezra DS)

* Dokumentasi: Sarah Annida, Muhammad Fahransyah, Qatrunnada Nadhifah, Misael Josua

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di http://bit.ly/DokumentasiCulbar2016

Video Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat dilihat di  https://youtu.be/aWQBn9Y0ZD0

,

Notulensi Kelas PERMEN

Departemen Kastrat BEM FISIP UI 2015 menghadirkan sekolah pemikiran dengan konsep baru. Konsep yang lebih kekinian, dekat dengan mahasiswa, dan tetap berbobot. Nama dari sekolah pemikiran ini adalah Permen (Perjalanan Mencari Pemikiran). Dalam Permen ini diangkat tiga pemikiran terkemuka di Indonesia, yaitu Islam, Liberalisme, dan Sosialisme. Permen ini diharapkan akan menjadi wadah bagi mahasiswa FISIP untuk meningkatkan kembali ketertarikannya kepada pemikiran yang sarat akan paradigma dan kontekstualnya.

Permen telah diadakan dari tanggal 27 April 2015 sampai dengan 27 Mei 2015 dengan peserta di setiap kelasnya berjumlah 30 orang. Tetapi, ada satu hal penting yaitu Permen tidak hanya ingin meningkatkan kembali ketertarikan kepada pemikiran sebatas yang di kelas yang telah diadakan saja, disini Permen juga ingin agar masyarakat umum, terutama anak FISIP yang tidak ikut ke dalam kelas, bisa mengikuti Permen melalui Notulensi Kelas Permen. Dan, memang banyak orang yang tertarik untuk belajar tetapi belum memiliki kesempatan mengikutinya.

Oleh karena itu, berikut Notulensi Kelas Permen:

  • Notulensi Permen Kelas Islam

Link Notulensi                                        : http://bit.ly/Notulensi_Permen_Islam

Penanggung Jawab Kelas Islam          : Bob Aditya Hidayat (085278345048)

Kami juga menyediakan beberapa video dari kelas-kelas Permen untuk mengetahui bagaimana suasana diskusi berlangsung di dalam kelas.

Silahkan diklik link berikut ini, https://www.youtube.com/user/BEMFISIPUI/

TAMBAHAN: Untuk notulensi kelas Permen lainnya akan kami perbaharui setiap minggunya. Tunggu publikasi dari kami, ya! Selamat mencicipi dan menikmati Permen!

,

Tekat: Pengenalan Minat dan Bakat

Bakat antara satu orang dengan yang lainnya terdiferensiasi sesuai dengan kelebihan dan kemampuan yang dimiliki. Salah – salah menginteprestasikan bakat akan berdampak pada tingkat totalitas seseorang dalam suatu bidang. Sama halnya dengan jurusan saat kuliah nanti. Kecocokan antara bakat dan jurusan akan menentukan sejauh mana seseorang bisa total dalam menjalaninya.

Lalu, bagaimana jika sampai salah memilih jurusan?

Bagaimana jika seseorang belum mengetahui bakat yang ada dalam dirinya?

Tes Minat Bakat (Tekat) berusaha menjawab.

Read more