Tuang Gagasan Liga FISIP UI 2016

oim-quiz-iqbal

Pierre de Coubertin mempopulerkan kata-kata Citius, Altius, Fortius yang berarti lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Jiwa kompetitif akan lahir di dalam diri manusia seiring dengan adanya keinginan untuk menjadi lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Itulah makna dari kegiatan olahraga yang ingin ditularkan oleh de Coubertin bahwa melalui kegiatan olahraga, maka manusia akan terus berusaha menjadi lebih baik.

Akan tetapi, kegiatan olahraga bukan hanya sekedar mencari siapa yang lebih hebat, kegiatan olahraga lebih dari itu. Kegiatan olahraga dapat menjadi sebuah ajang rekreasi yang mempersatukan serta mempererat tali persahabatan diantara pihak-pihak yang memainkannya.

Makna-makna dari kegiatan olahraga diatas coba diwujudkan oleh Departemen Olahraga BEM FISIP UI 2016 dengan melahirkan kompetisi olahraga antar fakultas sosial humaniora se-Jabodetabek bernama Liga FISIP UI.

Mengapa Liga FISIP UI dapat menjadi aktualisasi makna olahraga yang sudah disebutkan diatas khususnya bagi FISIP UI?

Saat ini, FISIP sudah memiliki pencapaian hebat dalam bidang olahraga. Hal tersebut dibuktikan per tahun 2015, FISIP sudah mengoleksi 10 kali juara umum Olimpiade UI. Namun, dibalik prestasi yang mengkilap tersebut ada fakta yang cukup menyedihkan bahwa banyak dari komunitas olahraga di FISIP baru melakukan latihan pada saat menjelang Olimpiade UI berlangsung. Hal tersebut sangat disayangkan dikarenakan potensi yang dimiliki mahasiswa FISIP tidak akan terasah jika komunitas olahraga FISIP sebagai sarana untuk mengasah potensi mahasiswa FISIP dalam bidang olahraga tidak melakukan latihan rutin.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengikuti kompetisi selain Olimpiade UI untuk menggairahkan komunitas olahraga di FISIP supaya tetap melakukan latihan rutin walaupun pelaksaaan Olimpiade UI tidak terjadi dalam waktu dekat. Ada dua cara untuk mewujudkan hal tersebut, Pertama, mencari kompetisi; kedua, menyelenggarakan kompetisi. Cara yang kami lakukan adalah cara kedua yaitu dengan menyelenggarakan kompetisi yang bernama Liga FISIP UI.

Diselenggarakannnya Liga FISIP UI diharapkan dapat menjadi ajang bagi komunitas olahraga FISIP untuk menaikan gairah mereka melakukan latihan rutin serta dapat menunjukan hasil latihan rutin yang mereka telah lakukan di dalam sebuah kompetisi profesional. Selain itu, kompetisi Liga FISIP juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi FISIP UI untuk mempererat persahabatan dengan fakultas-fakultas sosial humaniora lainya diluar UI.

Tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan pertama Liga FISIP UI. Pada tahun ini, kami membawa tema “Memulai dan Merayakan”. Tema ini memiliki arti bahwa tahun ini menjadi tonggak awal kompetisi yang diselenggarakan oleh FISIP UI yang diharapkan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Sebagai penyelenggaran pertama, sudah sepatutnya Liga FISIP UI 2016 dirayakan oleh masyarakat FISIP UI.

Rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 dibagi menjadi 3 bagian. Pre-Event, Pertandingan, dan Penutupan. Dalam Pre-Event, Liga FISIP UI 2016 sudah mengadakan jogging bareng SATUFISIP, #kamisjersey, serta Coaching Clinic Futsal bersama Adriansyah “Adom” Agustin. Pertandingan Liga FISIP UI 2016 terdiri dari dua cabang yaitu Futsal Putra dan Basket Putra yang diadakan di GOR Ciracas untuk cabang Futsal Putra dan Gymnasium UI untuk cabang Basket Putra. Seluruh rangkaian acara Liga FISIP UI 2016 akan ditutup dengan uapcara penutupan yang akan diselenggarakan di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.

Liga FISIP UI 2016 kini sudah berjalan. Memang mimpi kami untuk menjadikan kompetisi ini sebuah ajang yang dapat menaikan gairah komunitas olahraga FISIP belum bisa tercapai pada penyelenggaraan tahun ini dikarenakan kompetisi yang dipertandingkan hanya dua cabang saja. Namun, apa yang kami lakukan tahun ini merupakan langkah awal yang signifikan menuju mimpi besar itu.
Maka dari itu,

FISIP, bersiaplah, sebuah sejarah baru akan segera dicetak!

 

Iqbal Ramadhan

FISIP UI 2013/14

Ketua Pelaksana Liga FISIP UI 2016