Liputan Acara FENTURE 2018

Kehidupan pasca kampus merupakan kehidupan yang akan dirasakan oleh setiap mahasiswa setelah lulus nanti. Banyak pilihan yang dapat diambil sebagai kehidupan pasca kampus yang akan dijalani nantinya. Mulai dari melanjutkan studi pascasarjana, bekerja di lembaga pemerintah, instansi swasta, lembaga non pemerintah, dan lain-lain. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa FISIP UI yang merasa belum memiliki pengetahuan cukup mengenai kehidupan pasca kampus. Melihat permasalahan yang ada, Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018 merasa perlu untuk menjawab keresahan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa FISIP UI terkait kehidupan pasca kampus dengan menghadirkan FENTURE (Finding Out Your Future Career) 2018. FENTURE merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa FISIP UI untuk lebih memahami kehidupan pasca kampus sehingga dapat lebih matang dalam merencanakan dan merancang kehidupan pasca kampus mereka.

FENTURE (Finding Out Your Future Career) tahun ini membawa tema “Perencanaan Tepat, Karier Hebat”. Dengan membawa tema ini diharapkan acara ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru terkait hal-hal apa saja yang harus mereka siapkan untuk menghadapi kehidupan pasca kampus. Dari pengetahuan dan wawasan tersebut, mahasiswa dapat mengambil langkah yang tepat dan menghasilkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan kehidupan pasca kampusnya. Di tambah lagi FENTURE tahun ini bekerja sama dengan ILUNI FISIP UI untuk menghadirkan alumni FISIP UI yang telah sukses di bidangnya masing-masing agar dapat berbagi pengalaman, cerita dan juga motivasi bagi mahasiswa yang masih berada di kampus FISIP UI. Sehingga selain memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai kehidupan pasca kampus, FENTURE kali ini juga menjadi wadah silaturahim antara mahasiswa dan alumni FISIP UI.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan Grand Launching yang diadakan pada kamis, 05 April 2018 di Auditorium Gedung Komunikasi FISIP UI. Diresmikan langsung oleh koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A. lalu, dilanjutkan dengan seminar berjudul “Persiapkan Kehidupan Pasca Kampus Dari Sekarang” yang diisi oleh Rizky Ibrahim Isra, Ryan Hasri dan Deka Komanda. Mereka membagikan pengalaman mereka dari bidang yang mereka geluti sekarang dan juga turut memberi kiat-kiat seputar kehidupan pasca kampus kepada mahasiswa yang akan mempersiapkannya.

Setelah Grand Launching, rangkaian kegiatan FENTURE dilanjutkan dengan Workshop Soft skill: CV 101 pada rabu, 11 April 2018 di gedung H.405 FISIP UI yang dibawakan oleh juara CV terbaik MAPRES FISIP UI, Nadia Caroline. Pada sesi ini Nadia Caroline membagikan pengetahuannya mengenai tata cara pembuatan CV yang baik dan menarik agar memudahkan mahasiswa FISIP UI dalam proses melamar pekerjaan, pendaftaran beasiswa, dan lain-lain.

Ngobrolin Masa Depan menjadi kegiatan selanjutnya dari rangkaian kegiatan FENTURE. Ngobrolin Masa Depan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah Ngobrolin Masa Depan dengan topik obrolan “Rasanya Kerja di Pemerintahan” yang diadakan pada kamis, 19 April 2018 di gedung H.504 FISIP UI. Pada sesi tersebut alumni yang diundang adalah Agustin Dea Prameswari yang merupakan mantan peneliti di KOMNAS Perempuan dan Lucky Kusuma Wardani yang merupakan staf substansi asdep pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan Kementrian PPA RI. Sesi Ngobrolin Masa Depan selanjutnya membawa topik “Study Abroad: 101” yang dilaksanakan pada kamis, 26 April 2018 di gedung H.303 FISIP UI. Pada sesi ini alumni yang diundang adalah Lubendik, MIS (ADV) yang merupakan lulusan dari School of Political Science and International Studies, The University of Queensland. Melalui sesi Ngobrolin Masa Depan ini para mahasiswa dapat memberikan pertanyaan seputar topik yang ada dan para alumni memberikan jawaban berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah mereka dapatkan.

Terakhir yaitu Kelas Alumni yang merupakan program kerjasama antara Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018 dan Bidang Kerjasama Almamater ILUNI FISIP UI. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa kali. Kegiatan ini berbentuk sebuah kelas yang memberikan materi-materi terkait media, non-profit sector, ekonomi kreatif dan kewirausahaan. Kegiatan ini juga turut menjadi penutup dari seluruh rangkaian kegiatan FENTURE.

Dengan diadakannya FENTURE (Finding Out Your Future Career) 2018. Diharapkan mahasiswa FISIP UI tidak lagi kebingungan dalam menentukan langkah yang akan mereka ambil pada kehidupan pasca kampus nantinya dan juga turut memudahkan mereka dalam menggapainya.

* Penulis: Aril Kurniawan (dengan ubahan oleh Zulfi Zuliansyah)

* Dokumentasi: Rayhan Mahendra, Monica Aurellia, Aan Hidayat

Foto-foto FENTURE 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI