Liputan Acara Hari Seni Rupa 2018

Jumat, 18 Mei 2018

Rangkaian acara Hari Seni Rupa telah selesai dilaksanakan. Hari Seni rupa merupakan program kerja dari departemen seni budaya BEM FISIP UI 2018 yang berfokus pada pengenalan seni rupa di lingkungan kampus FISIP UI. Tema yang dibawa pada Hari Seni Rupa 2018 adalah ”Interasyik”.

Dalam penyelenggaraan Hari Seni Rupa telah selesai dilaksanakan 4 mata acara. 4 mata acara tersebut antara lain : Nonton Asyik, Sayembara Ide, Kelas Rupa, dan Pameran Karya. Masing-masing mata acara tersebut saling terkait. Dalam penyelenggaraan mata acara yang diadakan, Hari Seni Rupa bekerja sama dengan Komunitas Jakarta32c.

Mata acara pertama diadakan adalah Nonton Asyik. Nonton Asyik diadakan pada tanggal 3 April 2018 di gedung H.301. Pada acara Nonton Asyik diadakan sesi nonton film dan diskusi. Film yang dipilih pada acara nonton asyik adalah “Cutie and the boxer” arahan sutradara Zachary Heinzerling. Film tersebut bercerita tentang bagaimana kehidupan dari pasangan seniman seni rupa yang tetap berkarya ditengah permasalahan yang mereka hadapi. Setelah sesi nonton bersama, diadakan sesi diskusi dengan pembicara dari Jakarta32c yaitu Ahmad Fuadillah dan Viandira Athia dan sebagai moderator Mutiara Choiriyah.

Setelah acara Nonton Asyik diadakan Sayembara Ide. Sayembara Ide adalah pengumpulan ide calon peserta dari Hari Seni Rupa yang dilaksanakan pada rentang waktu 4-11 april 2018. Ide yang dikumpulkan berkaitan dengan tema yang dibawa oleh hari seni rupa yaitu “Interasyik”. Pengumpulan ide dilakukan secara online pada link yang telah diberikan oleh panitia hari seni rupa. Pada Sayembara ide didapatkan peserta berjumlah 17 orang yang selanjutnya akan mengikuti kelas rupa.

Setelah Sayembara Ide, peserta diberikan pengetahuan mengenai seni rupa melalui Kelas Rupa. Kelas Rupa diadakan secara berkala dalam bentuk 3 kelas. Bentuk kelas yang diberikan berupa diskusi dengan materi yang disampaikan oleh Jakarta32c. Pada Kelas Rupa pertama diadakan pada tanggal 16 April 2018 di Gedung H.402 pada pukul 18.00 – 20.30 WIB. Fokus pada Kelas Rupa pertama ialah mengenal tentang seni rupa kontemporer. Kemudian pada tanggal 23 April 2018, dilaksanakan kelas rupa kedua. Kelas Rupa kedua dilaksanakan di Sekretariat Bersama (SEKBER) FISIP UI pada pukul 18.00 – 20.30 WIB. Di Kelas Rupa kedua berfokus pada eksplorasi Medium Seni Rupa. Para peserta diajak untuk berkeliling disekitaran FISIP UI dengan berkelompok. Pada kelas rupa kedua dengan adanya sesi eksplorasi, peserta dapat memilih medium apa yang akan dipilih dalam membuat karya. Kelas Rupa ketiga diadakan pada tanggal 25 April 2018 di Sekretariat Bersama (SEKBER) pada pukul 18.00 – 20.30 WIB. Pada kelas rupa ketiga diadakan presentasi ide karya oleh peserta mengenai karya yang akan mereka buat dan dipamerkan di Pameran Karya Hari Seni Rupa. Setelah selesainya kelas rupa 3, peserta yang telah menentukan karya yang akan dibuat didampingi oleh LO masing-masing. Waktu pengerjaan karya oleh peserta diberikan dalam rentang waktu 19 hari.

Setelah mengikuti serangkaian acara dari sayembara ide hingga kelas rupa, pada tanggal 15 – 18 Mei diadakan Pameran Karya Hari Seni Rupa. Pada pameran tersebut karya-karya peserta yang telah mengikuti serangkaian acara dari Sayembara ide hingga Kelas rupa 3 ditampilkan ke khalayak umum. Tempat Pameran Karya di Perpustakaan Pusat (PERPUSAT) dan dibuka dari jam 11.00 – 17.00 WIB. Pada pameran Hari Seni Rupa terdapat infografis mengenai tema yang dibawa, nama peserta, dan video dari para peserta Hari Seni Rupa. Selama rentang waktu 3 hari pameran, total pengunjung yang datang untuk melihat Pameran Karya Hari Seni Rupa berkisar 823 pengunjung.

Diharapkan dengan adanya Hari Seni Rupa iklim kesenian di lingkungan kampus FISIP UI khususnya seni rupa dapat berkembang dan menjadi awal yang baik dalam usaha mengembangkan bakat seni rupa  Mahasiswa FISIP UI.

#SiapSenangSenang

Penulis : Rivaldo Herman (dengan ubahan oleh Muhamad Rivo Al Fahrezy Mandahiling)

Dokumentasi : Fauzan F, M. Rakyan Farrasani, Ashiva Aulia, Chomsky, Marchi, Muhammad Wildan, dan Syafika Erisa.

Foto-foto Hari Seni Rupa 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI