Penggambaran Daerah Kemirimuka

Salah satu situs kerja FISIP Environmental Act (FEA) pada tahun ini adalah daerah Kemirimuka. Kemirimuka adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Daerah ini terletak tidak jauh dari Universitas Indonesia. Artikel Newsletter kali ini akan membahas mengenai penggambaran daerah Kemirimuka, baik penggambaran fisik maupun penggambaran demografis.

Daerah Kemirimuka dilintasi oleh salah satu sungai yang bermuara di Teluk Jakarta, yakni Sungai Ciliwung. Daerah Kemirimuka juga daerah yang cukup mudah dijangkau karena dekat dengan jalan – jalan utama kota Depok, utamanya Jalan Margonda Raya, dan juga dekat dari Stasiun KRL Depok Baru. Di Kemirimuka juga terdapat salah satu pusat perbelanjaan yang cukup populer, yakni D’Mall.

Mata Pencaharian

Jumlah Penduduk
Petani 236
Industri Kecil 231
Buruh 9.165
Pedagang 2.195
Karyawan 1.156
PNS 633
TNI/Polri 163
Pensiunan 193
Lainnya 2.703
Jumlah

25.230

http://beji.depok.go.id/profil/kependudukan

Fakta menarik dapat dilihat di Daerah Kemirimuka dibandingkan dengan 4 kelurahan lainnya di Kecamatan Beji. Dikarenakan Daerah Kemirimuka dilintasi Sungai Ciliwung, Kemirimuka menjadi satu – satunya kelurahan di Kecamatan Beji yang terdapat petani di dalamnya. Hal itu tidak terlepas dari tersedianya sarana irigasi dari Sungai Ciliwung.

Namun, Daerah Kemirimuka tidak terlepas dari berbagai permasalahan lingkungan yang terjadi. Permasalahan lingkungan yang paling sering terjadi melanda daerah Kemirimuka adalah banjir. Banjir di Kemirimuka disebabkan oleh banyak hal, seperti tata guna lahan yang kurang tepat, kesadaran masyarakat akan kebersihan yang masih rendah, hingga pendangkalan sungai. Ingin tahu mengenai pembahasan masalah lingkungan di Kemirimuka ? Tunggu artikel Newsletter kami berikutnya yang akan secara spesifik membahas permasalahan lingkungan di Kemirimuka.