Pos

Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 : Saatnya Bergerak untuk Mengisi Setiap Ruang di FISIP

Senin, 21 Maret 2016

Depok- Pada Senin, 21 Maret 2016 lalu telah diselenggarakan Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan sebuah acara untuk meluncurkan dan memperkenalkan seluruh lembaga dan komunitas yang ada di FISIP kepada seluruh warga FISIP dan Universitas Indonesia. Pada tahun ini, acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, membawa tema “Jinggaku, Rumahku”.

Selain itu, pada Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini, juga berusaha untuk memperkenalkan fokus permasalahan yang akan dibahas sepanjang pada tahun 2016. Melalui pembahasan Forbama (Forum Lembaga Mahasiswa), permasalahan yang diangkat untuk satu tahun ke depan adalah ruang publik. Ruang publik dalam konteks kali ini adalah fasilitas dan partisipasi. Forbama mengajak seluruh mahasiswa untuk meningkatan partisipasi mahasiswa yang dilakukan dengan penggunaan fasilitas ruang publik yang ada di lingkungan FISIP dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di FISIP. Sehingga, diharapkan seluruh warga FISIP merasa nyaman untuk melakukan kegiatan di FISIP dan kembali meramaikan dan menghidupkan setiap ruang-ruang yang ada di FISIP.

Untuk mengimplementasikan tema “Jinggaku, Rumahku”, Peluncuran Akbar #SATUFISIP kali ini mengangkat tema pesta rakyat yang sesuai dengan nilai yang dibawa tahun ini yaitu sederhana, nyaman, dan menyenangkan. Penggunaan tema “Pesta Rakyat”, dianggap sesuai dan dapat merepresentasikan kesederhanaan dan kenyamanan. Tema  Culbar tersebut, diturunkan dalam setiap mata acara dan kegiatan yang ada dalam acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan gratis yang disediakan di acara ini mulai dari berbagai macam gorengan, gulali, mie instan, hingga bakso. Suasana pesta rakyat makin terasa dengan adanya permainan seperti timpuk kaleng. Selain itu, sebagai buah tangan bagi para tamu undangan yang berasal dari BEM seluruh Universitas Indonesia adalah keong beserta rumah-rumahannya. Tidak hanya itu, sebagai bentuk perwujudan dari ruang publik, panitia menyediakan stan-stan yang diisi oleh para mahasiswa FISIP yang memiliki usaha pada sektor kuliner.

Acara utama adalah pengenalan lembaga yang akan ikut berkontribusi untuk menghidupkan FISIP selama setahun ke depan. Sebelum puncak acara, terdapat pembacaan puisi dari Kalmi Rama dan Gultor Azhar (Kriminologi 2013). Puncak dari acara ini adalah peluncuran Portal #SATUFISIP, yakni sebuah kanal media yang berisi seluruh jadwal kegiatan yang ada di FISIP sehingga seluruh mahasiswa FISIP dapat ikut meramaikan kegiatan tersebut dan bisa kembali meramaikan FISIP tercinta. Selain itu, ke depannya juga akan diluncurkan JinggaPeduli, Kalender ##SATUFISIP dan Rembuk #SATUFISIP. Keempat hal tersebut merupakan hasil diskusi BEM FISIP UI 2016 bersama dengan lembaga-lembaga lain yang tergabung dalam Forbama.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

*Penulis: Yasqi Harashta (dengan ubahan oleh Nurmalita Amelia dan Baptista Ezra DS)

* Dokumentasi: Sarah Annida, Muhammad Fahransyah, Qatrunnada Nadhifah, Misael Josua

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di http://bit.ly/DokumentasiCulbar2016

Video Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat dilihat di  https://youtu.be/aWQBn9Y0ZD0

Tuang Gagasan: Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016

FISIP saat ini dapat diibaratkan sebagai wadah yang sangat besar. Luas dan mampu menampung banyak hal. Namun, para pengisi wadah tersebut lupa atau bahkan tidak sadar bahwa mereka punya hak untuk menggunakan dan memanfaatkan segala sesuatu yang telah disediakan dan diberikan oleh FISIP baik dari segi fasilitas maupun partisipasi. Masih banyak mahasiswa yang belum sadar akan betapa pentingnya peran mereka untuk menghidupkan FISIP, untuk kembali menjadikan FISIP sebagai rumah, bukan hanya tempat singgah. Masih banyak yang belum merasa bahwa FISIP adalah tempat yang nyaman, tempat di mana kita bisa melakukan banyak hal, tempat kita bisa berekspresi, dan tempat di mana kita bisa menjadi diri sendiri.

Peluncuran Akbar adalah acara awal tahun yang menjadi akses untuk mengenalkan beberapa elemen yang ada di FISIP yang bisa memberikan kemudahan untuk mengisi Ruang Publik yang ada. Acara Peluncuran Akbar akan diadakan pada hari Senin tanggal 21 Maret 2016, bertempat di Selasar PAU. Acara ini adalah acara awal tahun kepengurusan lembaga-lembaga di FISIP UI. Di tahun 2016 ini, Peluncuran Akbar mempertahankan konsep Peluncuran Akbar #SATUFISIP, dimana mata acara inti adalah memperkenalkan 13 lembaga yang ada di FISIP, juga memperkenalkan berbagai komunitas yang ada di FISIP. Tahun ini kami mencoba untuk mengangkat kembali “FISIP RUMAH KITA” dengan kemasan yang baru dengan mengartikan “Rumah” itu sendiri dengan suasana yang akan kami gambarkan di acara ini. Dengan mengangkat tema “Pesta Rakyat FISIP”, tujuan yang kami harapkan adalah terciptanya suasana yang sederhana, dekat, serta menyenangkan baik untuk mahasiswa FISIP sendiri maupun para tamu yang akan datang. Dengan terciptanya suasana tersebut, kami mempunyai mimpi akan masyarakat FISIP yang nantinya sadar dan ingin ikut bersama menghidupkan FISIP. Dengan kondisi FISIP belakangan ini, tema tersebut dirasa sesuai untuk diangkat.

Kami sangat mengharapkan, bahwa dengan adanya Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 ini dan dengan berbagai mata acara yang akan diberikan nantinya, mahasiswa sadar akan pentingnya peran setiap dari mereka untuk mengisi berbagai ruang yang ada di FISIP tanpa harus menjadi bagian dari apapun, dan dengan timbulnya kesadaran tersebut, kontribusi yang akan diberikan untuk menghidupkan FISIP dan kembali menjadikan FISIP sebagai rumah, akan meningkat.

“Karena FISIP hanya bisa dirasakan, bukan dijelaskan”

Zanira Fachri,
Ketua Pelaksana Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016

Tuang Gagasan: FISIPRESIASI 2015

Di penghujung tahun 2015 segala tekad dan keringat sudah kita lewati dengan penuh jatuh bangun, Selama satu tahun kebelakang, hari demi hari menjadi romansa di kampus tercinta, FISIP UI. Anak FISIP dengan segala kesibukannya terus menawarkan segudang cerita yang digoreskan oleh orang – orang ikhlas.  terkhususnya para kontingen dan lembaga FISIP UI. Mereka adalah orang – orang ikhlas yang terus berjuang demi menghasilkan karya teruntuk kebanggaan #SATUFISIP.

Namun, sayang sungguh disayang, tidak banyak anak FISIP sadar dan mengetahui usaha – usaha dari orang – orang ikhlas ini. Bagaimana proses keberlangsungannya dan apa saja usaha-usaha terbaik yang telah diberikan untuk membesarkan nama FISIP UI. Karena untuk mengapresiasi, kita harus terlebih dahulu mengetahui usaha – usaha yang ada untuk diapresiasi dan membagi kebahagiaan tersebut. Hal inilah, yang mendasari Bidang Hubungan Masyarakat BEM FISIP UI 2015 mengadakan kembali FISIPRESIASI di tahun 2015.

Kebersamaan sebagai keluarga dibawah naungan satu rumah, yaitu FISIP memang memberikan cerita bagi masing – masing kita. Cerita akan tawa dan tangis perjuangan selama setahun yang menjadi bahan obrolan bersama, seakan – akan kita adalah satu kesatuan yang memiliki hubungan darah dengan satu sama lain. Menganggap saudara padahal tidak memiliki ikatan biologis apapun. Inilah alasan yang membuat FISIPRESIASI 2015 mengangkat tema kinfolk, yang merupakan kata lain dari kerabat fiktif. Rasa kekeluargaan yang ingin dicapai oleh FISIPRESIASI 2015 juga tertuang dalam taglinenya yaitu, “Semangat Genggam Apresiasi”.

FISIPRESIASI 2015 memiliki dua rangkaian pra-acara, satu malam puncak, dan satu  Kaleidoskop FISIP UI 2015. Pra acaranya sendiri ada Galeri Apresiasi dan Museum FISIP. Galeri Apresiasi sudah berlangsung dari tanggal 23 November – 27 November 2015. Lalu, Museum FISIP, yang berisikan sejarah – sejarah FISIP dan fakta menarik FISIP, akan berlangsung selama 3 hari dari 7 Desember – 8 Desember 2015 di Selasar Gedung C. Semua rangkaian acara ini akan berakhir di Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 pada hari Kamis,10 Desember 2015 bertempat di Lapangan Psikologi, Universitas Indonesia. Akan ada penampilan atau pemutaran kembali kontingen FISIP di UI Art War, mulai dari Stand up Comedy, puisi, teater, tari, film, band, vokal grup, dan solo vokal. Selain itu, karya kontingen F4UIAW yang berupa foto, mural, dan lukisan akan dipajang juga. Tidak hanya itu, FISIPRESIASI turut dimeriahkan oleh TigaPagi, Feast, dan Syncopation. Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 dibuka untuk umum dan terdapat makanan gratis yang disajikan untuk para pengunjung.

Terdapat satu hal penting yang merupakan hal baru di FISIPRESIASI, yaitu Kaleidoskop FISIP UI 2015. Kaleidoskop FISIP UI 2015 adalah bentuk apresiasi terhadap segala karya, kontribusi dan prestasi mahasiswa FISIP UI. Dengan konten berupa sejarah, rangkuman kegiatan  FISIP selama tahun 2015 dan pandangan masyarakat mengenai FISIP bagi diri mereka. Lebih konkretnya, akan ada Antologi Perjalanan dari Ketua Lembaga, program kerja lembaga, dan pandangan dari anak FISIP. Selain itu, untuk menjaga nilai sejarah agar anak FISIP tidak menjadi masyarakat yang ahistoris, Kaleidoskop FISIP UI 2015 juga akan mengungkap Sejarah #SATUFISIP dan Kaos “Gue Anak FISIP”.

 Semua rangkaian acara FISIPRESIASI 2015, akan menjadi penutup masa kepengurusan lembaga dan juga ajang untuk menutup buku. Ada satu kutipan bagus dari John F. Kennedy,

“Ketika kita bersyukur, kita harus ingat bahwa apresiasi tertinggi adalah bukan sekedar kata-kata, tapi hidup dengan rasa syukur itu.”

Maka, mari datang ke Malam Puncak FISIPRESIASI 2015 dan bersama – sama bersyukur atas pencapaian luar biasa FISIP pada tahun 2015 ini. Karena cara termudah untuk mengapresiasi yaitu hadir dan ikut merayakan bersama kegembiraan yang ada. Menjadikan segala perjuangan dan perjalanan menjadi milik bersama. Bersama-sama mengapresiasi satu sama lain dalam rasa syukur dan sukacita, sebagai satu keluarga, FISIP UI.

Baptista Ezra Dwi Suryananda, Ketua Pelaksana FISIPRESIASI 2015

Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2015: Hentakan Awal Kolaborasi

“FISIP sebagai aku, kamu, dan kita. Sebagai satu yang mencerminkan beragam rupa. FISIP adalah rumahku, rumahmu, dan rumah kita.”

Read more