Liputan Acara Liga FISIP UI 2018

 

 

Selasa, 1 Mei 2018

Liga FISIP UI 2018 merupakan kompetisi olahraga tahunan yang diadakan oleh BEM FISIP UI 2018. Liga FISIP UI sudah menjalani tahun ketiganya pada tahun ini. Liga FISIP UI 2018 merupakan satu-satunya acara kompetisi basket dan futsal Fakultas Rumpun Sosial-Humaniora se-Indonesia yang mengangkat isu sosial politik di bidang olahraga dan pada tahun ini mengangkat isu “Ketimpangan Infrastruktur pada Sektor Olahraga Akibat dari Kurang Optimalnya Peran Lembaga Olahraga”. Acara ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 23 April 2018 di Tifosi Sport Center dan Gymnasium Universitas Indonesia. Kompetisi basket dan futsal diikuti oleh 39 tim yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Cabang basket putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, cabang basket putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, cabang futsal putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan cabang futsal putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta. Pemain terbaik dari cabang basket putri yaitu Fidela Faustina dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, pemain basket dari cabang basket putra yaitu Bobby Gillian Wibisono dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, pemain terbaik dari cabang futsal putri yaitu Rizki Nur Latifa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan pemain terbaik dari cabang futsal putra yaitu Septian Alwi dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta.

Pembahasan isu dikupas tuntas dalam seminar yang mengundang pembicara ahli yang berkecimpung di bidang olahraga dan fasilitasnya baik dari organisasi independen maupun instansi pemerintahan. Adapun pembicara dalam seminar isu sosial politik yaitu Bapak Aris Subiono yang merupakan Sekretaris Deputi IV Kementrian Pemuda dan Olahraga, Habibie M.Pd yang merupakan perwakilan dari Bidang Dalam dan Luar Negeri Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Rizky Emirdhani Utama yang merupakan tenaga ahli komisi I DPR RI.

Selain kompetisi dan seminar, Liga FISIP UI 2018 juga mengadakan pre-event berupa Mini LIFIS dan coaching clinic. Mini LIFIS merupakan sebuah rangkaian acara di dalam Liga FISIP UI, yang merupakan kompetisi permainan video games e-sports dari Playstation dan personal computer seputar olahraga, seperti FIFA, Mobile Legends, dan jenis permainan lainnya.

 

Penulis: Erika Maya (dengan ubahan oleh Chandra Dwi A.)

Dokumentasi: Zulfi Zuliansyah, Yashqi Harashta, Fathurrahman K, Ismail Shabri, Rheina.A, Rifqi Aldrian, Tia Hanifa, Dzaky, dan Bertha.

Foto-foto Liga FISIP UI 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI

Liputan Acara FENTURE 2018

Kehidupan pasca kampus merupakan kehidupan yang akan dirasakan oleh setiap mahasiswa setelah lulus nanti. Banyak pilihan yang dapat diambil sebagai kehidupan pasca kampus yang akan dijalani nantinya. Mulai dari melanjutkan studi pascasarjana, bekerja di lembaga pemerintah, instansi swasta, lembaga non pemerintah, dan lain-lain. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa FISIP UI yang merasa belum memiliki pengetahuan cukup mengenai kehidupan pasca kampus. Melihat permasalahan yang ada, Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018 merasa perlu untuk menjawab keresahan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa FISIP UI terkait kehidupan pasca kampus dengan menghadirkan FENTURE (Finding Out Your Future Career) 2018. FENTURE merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa FISIP UI untuk lebih memahami kehidupan pasca kampus sehingga dapat lebih matang dalam merencanakan dan merancang kehidupan pasca kampus mereka.

FENTURE (Finding Out Your Future Career) tahun ini membawa tema “Perencanaan Tepat, Karier Hebat”. Dengan membawa tema ini diharapkan acara ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru terkait hal-hal apa saja yang harus mereka siapkan untuk menghadapi kehidupan pasca kampus. Dari pengetahuan dan wawasan tersebut, mahasiswa dapat mengambil langkah yang tepat dan menghasilkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan kehidupan pasca kampusnya. Di tambah lagi FENTURE tahun ini bekerja sama dengan ILUNI FISIP UI untuk menghadirkan alumni FISIP UI yang telah sukses di bidangnya masing-masing agar dapat berbagi pengalaman, cerita dan juga motivasi bagi mahasiswa yang masih berada di kampus FISIP UI. Sehingga selain memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai kehidupan pasca kampus, FENTURE kali ini juga menjadi wadah silaturahim antara mahasiswa dan alumni FISIP UI.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan Grand Launching yang diadakan pada kamis, 05 April 2018 di Auditorium Gedung Komunikasi FISIP UI. Diresmikan langsung oleh koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A. lalu, dilanjutkan dengan seminar berjudul “Persiapkan Kehidupan Pasca Kampus Dari Sekarang” yang diisi oleh Rizky Ibrahim Isra, Ryan Hasri dan Deka Komanda. Mereka membagikan pengalaman mereka dari bidang yang mereka geluti sekarang dan juga turut memberi kiat-kiat seputar kehidupan pasca kampus kepada mahasiswa yang akan mempersiapkannya.

Setelah Grand Launching, rangkaian kegiatan FENTURE dilanjutkan dengan Workshop Soft skill: CV 101 pada rabu, 11 April 2018 di gedung H.405 FISIP UI yang dibawakan oleh juara CV terbaik MAPRES FISIP UI, Nadia Caroline. Pada sesi ini Nadia Caroline membagikan pengetahuannya mengenai tata cara pembuatan CV yang baik dan menarik agar memudahkan mahasiswa FISIP UI dalam proses melamar pekerjaan, pendaftaran beasiswa, dan lain-lain.

Ngobrolin Masa Depan menjadi kegiatan selanjutnya dari rangkaian kegiatan FENTURE. Ngobrolin Masa Depan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah Ngobrolin Masa Depan dengan topik obrolan “Rasanya Kerja di Pemerintahan” yang diadakan pada kamis, 19 April 2018 di gedung H.504 FISIP UI. Pada sesi tersebut alumni yang diundang adalah Agustin Dea Prameswari yang merupakan mantan peneliti di KOMNAS Perempuan dan Lucky Kusuma Wardani yang merupakan staf substansi asdep pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan Kementrian PPA RI. Sesi Ngobrolin Masa Depan selanjutnya membawa topik “Study Abroad: 101” yang dilaksanakan pada kamis, 26 April 2018 di gedung H.303 FISIP UI. Pada sesi ini alumni yang diundang adalah Lubendik, MIS (ADV) yang merupakan lulusan dari School of Political Science and International Studies, The University of Queensland. Melalui sesi Ngobrolin Masa Depan ini para mahasiswa dapat memberikan pertanyaan seputar topik yang ada dan para alumni memberikan jawaban berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah mereka dapatkan.

Terakhir yaitu Kelas Alumni yang merupakan program kerjasama antara Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018 dan Bidang Kerjasama Almamater ILUNI FISIP UI. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa kali. Kegiatan ini berbentuk sebuah kelas yang memberikan materi-materi terkait media, non-profit sector, ekonomi kreatif dan kewirausahaan. Kegiatan ini juga turut menjadi penutup dari seluruh rangkaian kegiatan FENTURE.

Dengan diadakannya FENTURE (Finding Out Your Future Career) 2018. Diharapkan mahasiswa FISIP UI tidak lagi kebingungan dalam menentukan langkah yang akan mereka ambil pada kehidupan pasca kampus nantinya dan juga turut memudahkan mereka dalam menggapainya.

* Penulis: Aril Kurniawan (dengan ubahan oleh Zulfi Zuliansyah)

* Dokumentasi: Rayhan Mahendra, Monica Aurellia, Aan Hidayat

Foto-foto FENTURE 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI

Liputan Acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP

Kamis, 22 Maret 2018

Tahun yang baru maka kepengurusan dan semangat yang baru juga. Diperlukan sebuah acara untuk kita saling mengenal antar pengurus yang baru dan memperkenalkan serta mensosialisasikan elemen-elemen mahasiswa FISIP UI kepada seluruh mahasiswa FISIP UI. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan acara yang mempertemukan seluruh elemen-elemen FISIP, seperti komunitas dan lembaga, dengan seluruh mahasiswa FISIP agar mereka bisa mengetahui wadah yang di mana mereka bisa menyalurkan minat dan bakat mereka.

Peluncuran Akbar #SATUFISIP tahun ini membawa tema ‘FISIP Punya Kita’. Dengan membawa tema ini diharapkan acara ini dapat mengenalkan berbagai elemen FISIP UI. Dengan diperkenalkannya berbagai elemen FISIP UI yang ada, diharapkan kesadaran mahasiswa/i FISIP UI untuk berkontribusi dan menumbuhkan kedekatan bersama secara progresif untuk mencapai manfaat yang berkelanjutan sebagai satu kesatuan, yaitu #SATUFISIP. Tidak lupa juga pada tahun, Peluncuran Akbar #SATUFISIP diadakan di Taman Tunas Bangsa, taman yang baru selesai dibangun pada tahun ini. Sekedar fakta, Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan acara yang diadakan mahasiswa pertama yang berlokasi di Taman Tunas Bangsa, maka selain mengawali acara-acara yang akan diadakan di tahun ini, juga mengawali Taman Tunas Bangsa sebagai lokasi baru untuk berbagai acara atau kegiatan yang akan datang.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dan koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A. lalu, dilanjutkan perkenalan dari lembaga-lembaga dan komunitas-komunitas dengan mengenalkan secara singkat tujuan, nilai, program kerja, dan anggota kepengurusan masing-masing. Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2018 dimeriahkan dengan makan gratis dan penampilan dari Komunitas Tari FISIP (KTF) Radha Sarisha dan Komunitas Musik FISIP (KMF). Selanjutnya, acara ditutup dengan pernyataan sikap dari IKM FISIP UI tentang pentingnya nilai kehangatan dalam kedekatan #SATUFISIP dan dengan pembakaran obor oleh koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

* Penulis: Chandra Dwi Abdurahman (dengan ubahan oleh Rahardhian Ray)

* Dokumentasi: Zulfi Zuliansyah, Rayhan Mahendra, dan Rifqi Aldrian

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI