Tuang Gagasan : FISIP GO 2019

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Menjadi mahasiswa di suatu jurusan dan universitas tertentu merupakan salah satu opsi yang dapat dipilih. Dunia perkuliahan tentu akan sangat berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya, yaitu SMA/SMK/MA. Perubahan yang terjadi ini perlu didukung oleh berbagai macam informasi sehingga siswa-siswi SMA tidak akan merasa tersesat. 

Kami, mahasiswa FISIP UI, tentu akan menjadi jembatan yang tepat untuk memberikan informasi tersebut dan siap menjawab berbagai pertanyaan dan informasi yang ingin diketahui oleh siswa-siswi SMA. Kami hadir dan siap untuk berbagi melalui program kerja FISIP GO 2019. FISIP GO 2019 memiliki tiga mata acara utama, yaitu class simulation, tour de FISIP, dan FISIP bercerita. 

Tema FISIP GO 2019 adalah “Gue FISIP, Gue Keren”. Ungkapan ini menjadi semangat motivasi bagi mereka yang ingin masuk ke FISIP UI. Harapannya, FISIP GO 2019 dapat menjadi jembatan yang tepat bagi siswa siswi SMA yang ingin mendapat informasi lebih lanjut mengenai FISIP UI. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menjadi mahasiswa
FISIP UI dalam satu hari, ditunggu kedatangannya di tanggal 12 Oktober dan 9 November 2019. Sampai jumpa! 

Salam, 

Dzaqi Faizal Auliroh

Project Officer FISIP GO 2019

Tuang Gagasan: Hari Seni Rupa 2019

Seni merupakan hal yang tidak bisa lepas dari manusia. Berangkat dari ide, gagasan, atau buah pikir manusia, karya dihasilkan dengan kreativitas masing-masing individu. Gagasan tersebut dapat dituangkan menjadi berbagai macam seni, termasuk seni rupa. Seni rupa pada dasarnya menekankan pada visual atau rupa dan keindahan yang menjadi esensi seni. Penekanan pada visual tersebut memberikan kesempatan bagi manusia menggunakan seni rupa sebagai medium, melalui gagasan dan kreativitasnya masing-masing. 

Kreativitas individu merupakan keistimewaan dalam diri manusia (Camus, 2017). Kreativitas sendiri memiliki tiga prasyarat yang disepakati secara umum, yaitu kebebasan, komunikasi, dan keberanian. Penekanan pada kebebasan ini memberikan ruang bagi siapapun untuk bisa menciptakan karya seni. Hal ini berlaku pula bagi Mahasiswa/i FISIP UI yang memiliki minat terhadap seni rupa, baik  sebagai penikmat, pembuat karya, serta yang berminat belajar seni rupa. Namun, minat mahasiswa/i FISIP terhadap seni rupa ini tidak dibarengi dengan adanya wadah. Wadah yang ada untuk menyalurkan minat seni rupa antara lain komunitas seni di FISIP, namun masing-masing memiliki kendala untuk mulai bergerak, sehingga belum mampu mewadahi minat mahasiswa/i FISIP. 

Hari Seni Rupa hadir untuk mengenalkan serta mendekatkan mahasiswa/i FISIP dengan seni rupa. Melalui seni rupa, mahasiswa/i FISIP bisa menyampaikan hasil pikiran baik yang personal hingga kritis. Seni rupa dinilai mampu menyampaikan gagasan mahasiswa/i FISIP agar bisa dinikmati oleh khalayak umum, karena gagasan dibungkus menjadi menarik dengan estetika dan kreativitas pembuat karya. Selain dinikmati, melalui karya seni rupa pun gagasan dapat bersifat multi interpretasi, sehingga penikmat bisa merefleksikan makna karya berdasarkan konteks sosial masing-masing. 

Hari Seni Rupa tahun ini membawa tema “Refleksi Diri akan Konformitas”. Konformitas merupakan konsep yang mengacu pada perubahan apapun di dalam kebiasaan seseorang yang disebabkan oleh ‘aturan main’ institusi di mana ia berada. Sedangkan, melalui refleksi, seseorang mampu membuat pengalaman yang ia alami – dalam hal ini konformitas individu – menjadi masuk akal bagi dirinya. Tema ini memiliki makna memproses kembali pengalaman yang telah dijalani untuk dapat menarik pembelajaran bagi diri sendiri, melihat alasan yang mendorong individu menyesuaikan diri karena dorongan lingkungan sekitar. Hasil refleksi menjadi dasar terbentuknya gagasan sebagai bentuk respon terhadap konformitas, yang divisualisasikan melalui medium seni rupa. 

Hari Seni Rupa memiliki rangkaian acara Kelas Rupa, Diskusi, dan Pameran Karya. Rangkaian acara Kelas Rupa dan Diskusi dikhususkan bagi peserta Hari Seni Rupa yang direkrut secara terbuka, terdiri atas mahasiswa/i FISIP. Melalui Kelas Rupa dan Diskusi, peserta bisa bertemu dan berdiskusi dengan kurator dan narasumber lainnya serta antar peserta untuk “menggodok” ide dan eksekusi karya masing-masing. Karya tersebut yang akan dipamerkan di Pameran Karya Hari Seni Rupa yang terbuka untuk umum. Untuk membantu peserta dalam berproses membuat karya, Hari Seni Rupa turut bekerjasama dengan seorang kurator yaitu Oky Arfie Hutabarat. 

Melalui Hari Seni Rupa, diharapkan mahasiswa/i FISIP terlebih peserta bisa menggunakan seni rupa sebagai opsi medium penyampaian ide, serta mampu mewadahi minat mahasiswa/i FISIP terhadap seni rupa. Kegiatan Hari Seni Rupa tidak hanya membutuhkan partisipasi peserta, namun juga partisipasi teman-teman FISIP dalam mengawal dan mendukung proses para peserta. Ikuti rangkaian kegiatan Hari Seni Rupa melalui Instagram @harisenirupa untuk melihat proses teman-teman peserta dan untuk mengetahui konten dan kegiatan Hari Seni Rupa lainnya. Saya dan segenap teman-teman Hari Seni Rupa menunggu kedatangan kalian di Pameran Karya Hari Seni Rupa 2019. 

 

Salam hangat,

Nanda Flashiela Afedra

Ketua Pelaksana Hari Seni Rupa 2019

Tuang Gagasan: FISIP GO 2018

“The smallest step in the right direction ends up being the biggest step of your life; plan your next move, because every step contributes towards your goals.”

Menjadi mahasiswa merupakan sebuah langkah besar yang mungkin akan dilalui oleh seseorang dalam hidupnya. Perubahan, baik status edukasi maupun kehidupan yang terpaut dengannya, yang mengiringi langkah besar tersebut mungkin akan membuat siswa-siswi SMA tersesat dan kebingungan. Kanal informasi seperti internet mungkin mudah diakses secara cuma-cuma. Namun benar-benar merasakan atmosfir perkuliahan FISIP UI secara langsung dalam waktu sehari, tentunya kesempatan sekali dalam seumur hidup!

Urgensi dunia perkuliahan dalam kehidupan siswa-siswi SMA cenderung meningkat sehingga animo yang meningkat ini perlu dibarengi dengan peningkatan suplai informasi berkaitan dengan dunia perkuliahan tersebut. Mahasiswa FISIP UI, sebagai sosok kakak yang berusaha membantu dan menjembatani keingintahuan siswa SMA tadi, siap menjawab segala pertanyaan yang mungkin muncul tentang dunia perkuliahan FISIP UI melalui kegiatan FISIP GO 2018. Program ini hadir dengan terobosan memberikan pengalaman first-hand menjadi mahasiswa FISIP UI sehari melalui mata acara yang ada di dalamnya.

FISIP GO 2018 memiliki tiga mata acara utama, yaitu Class Simulation, Tour de FISIP, dan FISIP Bercerita. Ketiganya merupakan mata acara yang saling mempengaruhi dan diharapkan dapat memberikan sensasi seakan-akan peserta benar-benar melebur menjadi mahasiswa FISIP UI selama mereka mengikuti FISIP GO 2018. Class Simulation diisi oleh kegiatan pemaparan materi dan diskusi menyenangkan berkaitan dengan jurusan-jurusan yang ada di FISIP UI. Tour de FISIP memberikan kesempatan bagi peserta FISIP GO 2018 untuk berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa tiap jurusan FISIP UI di tongkrongan masing-masing. FISIP Bercerita sendiri akan mengajak peserta untuk menelusuri lorong waktu kelangsungan FISIP di masa lampau, sekarang, dan masa depan dalam bentuk galeri foto dan cerita.

Tema FISIP GO 2018 adalah “Tunggu Gue di FISIP!”. Tema ini juga menunjukkan tekad dan janji yang mungkin muncul dalam hati para peserta untuk benar-benar mewujudkan impiannya untuk berkuliah di FISIP UI. Tema ini juga membangun kesiapan mereka untuk masuk ke dunia perkuliahan. Secara implisit, tema ini diharapkan dapat memberikan semangat dan rasa percaya diri bagi para peserta untuk melepaskan rasa takut, bingung, maupun gelisah untuk melangkahkan diri menuju dunia perkuliahan, khususnya di FISIP UI.

Harapannya, FISIP GO 2018 dapat memfasilitasi peserta dalam mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi dunia perkuliahan serta menambah wawasan peserta mengenai dunia perkuliahan serta perbedaannya dari sekolah yang selama ini telah mereka tempuh. FISIP GO 2018 bukan hanya sekadar acara kunjungan kampus, namun juga kegiatan yang menyenangkan dan insightful yang meninggalkan kesan bermakna dan bermanfaat bagi para pesertanya. Bagi kamu, yang siap bertualang sehari menjadi mahasiswa FISIP UI, kami tunggu di FISIP GO 2018 pada tanggal 6 dan 20 Oktober, ya!

Salam,

Yudi Iswara Sinatriya Adhyaksa

Project Officer FISIP GO 2018

 

 

Tuang Gagasan: FISIP Starter Pack 2018

Hari yang ditunggu telah tiba

Sebuah awal perjalanan panjang telah menanti

Jalur yang didaki memang tak selalu landai

Namun, curam bukanlah alasan untuk berhenti dan menyerah

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata ‘karir’? Pekerjaan? Tidak sesederhana itu kawan. Karir adalan jalan hidup yang kita pilih sendiri. Kita menyusurinya sejak kita lahir hingga kita dikuburkan. Tuhan mengaruniakan kita kehendak bebas dalam menentukan jalan mana yang akan kita tempuh, demi mencapai masa depan yang kita inginkan. Namun, minimnya sumber informasi seolah membuat jalan itu tak terlihat. Inilah yang seringkali menghambat kita dalam menentukan karir. Sekitar 95,6% mahasiswa FISIP UI masih merasakan minimnya keberadaan informasi seputar karir, khususnya karir pasca kampus mereka.

Mari persempit konteks ‘manusia’ pada ‘mahasiswa’ dan ‘karir’ pada ‘karir pasca kampus’.

Mahasiswa tentu memiliki kesadaran aktif dalam mencari informasi pasca kampusnya.  Permasalahan yang seringkali terjadi di lingkungan FISIP UI adalah tak semua mahasiswa memiliki kesadaran yang sama untuk mau aktif dalam mencari informasi-informasi yang menunjang kehidupannya setelah ia lulus.

Problematika tidak hanya pada mahasiswa yang tidak memiliki kesadaran, tetapi mahasiswa yang telah memiliki kesadaran pun memiliki permasalahan terkait sumber informasi pasca kampus yang mereka gunakan. Kebingungan masih melanda mahasiswa FISIP UI dalam menentukan sumber informasi mana yang ia gunakan sebagai acuan. Beberapa mahasiswa telah menjadikan sosial media sebagai sumber informasi pasca kampus utamanya. Namun, begitu banyak informasi di sosial media yang tidak relevan dengan kebutuhan mahasiswa FISIP UI menjadi kendala baru bagi mahasiswa dalam mempersiapkan kehidupan pasca kampusnya.

Hal inilah yang menjadikan kami, Departemen Pengembangan Mahasiswa BEM FISIP UI 2018, menggagas suatu kanal media penyedia informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI. Kanal tersebut berupa Official Account LINE bernama FISTERPACK atau FISIP Starter Pack. Kata ‘Starter Pack’ mengandung arti kanal media ini dapat memberikan pembekalan berupa informasi-informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI.

FISTERPACK membagi informasi pasca kampus dalam tiga kategori utama, yaitu lowongan kerja, lowongan magang, dan informasi beasiswa. Ketiga kategori tersebut dipublikasikan pada hari yang berbeda di setiap minggunya, demi pembagian informasi pasca kampus yang merata dalam kanal media ini. Namun, tak hanya ketiga informasi tersebut, kami juga menyediakan informasi tambahan lain berupa ‘FISTERPACK Insight’ yang akan menyediakan berbagai kiat-kiat maupun insight lainnya yang dapat menambah pengetahuan mahasiswa FISIP UI mengenai kehidupan pasca kampus. Keberadaan informasi seperti volunteer, seminar, workshop, dan acara lain yang kiranya relevan dalam membantu mahasiswa FISIP UI lainnya juga menjadi salah satu dari sekian konten yang akan dimuat dalam FISTERPACK.

FISTERPACK di sini bukanlah penyedia, melainkan penyalur. Informasi selalu kita saring baik dari kejelasan sumber hingga kesesuaiannya dengan kebutuhan mahasiswa. Tentunya informasi hoax adalah musuh terbesar kami. Satu hal yang penting, FISTERPACK sangat terbuka bagi mahasiswa FISIP UI yang hendak menyalurkan informasi pasca kampus dengan cara yang memudahkan mereka. Hal ini menunjukkan FISTERPACK sebagai kanal media yang sangat dekat bagi mahasiswa FISIP UI.

April 2018 merupakan awal mula berjalannya FISTERPACK. Hingga saat ini, telah dua bulan lebih kami menjadi saluran penyedia informasi pasca kampus bagi mahasiswa FISIP UI. Pada akhirnya, FISTERPACK diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan kurangnya informasi pasca kampus yang relevan bagi mahasiswa FISIP UI. Sebagai program kerja yang baru berdiri, kami tidak terlepas dari berbagai kekurangan yang ada. Namun, kami percaya suatu hari nanti, FISTERPACK akan menjadi sebuah kanal media besar yang menjadi kebutuhan bagi mahasiswa FISIP UI dalam menentukan jalan karir apa yang hendak ia gapai.

Ada baiknya untuk menutup tulisan ini melalui sepatah-dua patah kata,

Masa depan tidak diciptakan untuk ditunggu, sebab masa depan ada untuk diperjuangkan” – Jeremy Bagas Taruna

Salam,

Jeremy Bagas Taruna, FISIP UI 2017

Project Officer FISTERPACK 2018

Tuang Gagasan: Hari Seni Rupa 2018

We are very vulnerable, fragile creatures in desperate need of support. Art (can be) source of help with our problems – our innermost problems – the problems of the soul” – Alain de Botton

Dalam tiap jiwa manusia, seni mengisi kekosongan diri serta menghadirkan emosi dengan berbagai cara. Seni merupakan hal yang tidak lepas dari kehidupan manusia dan bagian dari kebudayaan yang diciptakan dari hubungan manusia dalam lingkungan sosialnya. Maka dari itu, seni dibutuhkan untuk menyempurnakan jalannya kehidupan diri manusia, di mana tiap individu dapat memanifestasikan seninya melalui sebuah karya dalam berbagai medium.

Kembali dalam konteks kampus, di mana setiap mahasiswa/i memiliki minat dan bakat seni yang dapat diaktualisasi untuk pengembangan diri mahasiswa/i. Dunia persenian di FISIP sangat aktif, hal ini dapat dibuktikan dengan aktifnya kegiatan seni di dalam maupun luar kampus serta berbagai prestasi yang ditoreh FISIP dalam berbagai ajang kesenian. Namun perkembangan seni rupa di FISIP belakangan ini mengalami stagnansi. Disamping itu terdapat mahasiswa dan mahasiswi FISIP yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni rupa, namun masih berkarya secara individual. Kesadaran yang ingin ditanamkan adalah kesadaran untuk menciptakan karya secara organik dan kolektif, sehingga tercipta iklim berkesenian yang berkelanjutan dan progresif. Hari Seni Rupa hadir sebagai wadah pengembangan potensi mahasiswa/i dalam bidang seni rupa, di mana mahasiswa/i dapat meningkatkan daya cipta dalam berkarya serta berjejaring.

Hari Seni Rupa terdiri rangkaian acara diskusi, kelas, dan pameran seni rupa kontemporer di FISIP. Rangkaian acara Hari Seni Rupa dibagi menjadi empat mata acara, antara lain Nonton Asyik, Sayembara Ide, Kelas Rupa, dan acara puncak yaitu Pameran Karya. Diawali dengan Nonton Asyik, yaitu acara screening film dokumenter “Cutie and The Boxer” karya Zachary Heinzerling, dilanjutkan dengan diskusi yang diisi oleh Komplotan Jkt32C. Setelah itu adalah sayembara ide adalah pendaftaran terbuka untuk partisipan pameran dan kelas rupa. Kelas Rupa dibagi menjadi tiga sesi utama dengan berbagai materi yang saling berkesinambungan satu sama lain yaitu, pengenalan seni rupa, eksplorasi dan pemilihan medium serta presentasi ide karya.

Tema acara Hari Seni Rupa yakni “Interasyik”. Interaksi merupakan proses saling mempengaruhi antara dua objek atau lebih, baik antar manusia maupun fenomena, masalah, kondisi bahkan benda mati di sekitar kita. Dari berbagai interaksi tersebut dapat muncul berbagai relasi yang menghasilkan suatu gagasan. Gagasan itulah yang disalurkan menjadi sebuah karya seni rupa. Pemberian kata ‘asyik’ mengibaratkan bahwa tiap proses dalam seni rupa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh sukacita. Hari Seni Rupa turut bekerja sama dengan komunitas seni Jakarta 32oC yaitu  komunitas yang berfokus pada pengembangan jejaring mahasiswa dalam lingkup seni kontemporer di Jakarta.

Proses  pembuatan karya seni rupa, menjadi satu hal yang sangat menarik. Di mana para peserta, bagi membangun roh pada tiap karyanya dan tentu melalui dinamika yang cukup panjang. Proses tersebut melalui pengolahan ide karya, observasi dan riset, pemilihan medium, pembuatan karya hingga karya siap untuk dipamerkan. Proses tersebut sejatinya membangun hubungan yang erat antara pembuat karya, penikmat karya serta karyanya itu sendiri.

Harapannya acara Hari Seni Rupa dapat membangkitkan semangat berkarya dan kemampuan daya cipta serta kreatifitas teman-teman FISIP. Lebih dari itu, proses pembuatan karya dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk aktualisasi diri teman-teman FISIP untuk dapat berkontribusi lebih. Kami tunggu kehadiran teman-teman sekalian pada pameran karya Hari Seni Rupa 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Mei 2018 di FISIP UI. Mari hadir, nikmati, dan apresasi karya jagoan rupa FISIP!

Salam hangat,

Retasya Bonita,

Ketua Pelaksana Hari Seni Rupa 2018.

Tuang Gagasan: FISIPRESIASI 2016

yasqi-tuang-gagas-line

 

Tahun 2016 telah kita lalui bersama. Banyak hal yang telah terjadi di FISIP rumah kita. Segala peristiwa, cerita, upaya, dan pencapaian mewarnai hari-hari kita. Anak FISIP sebagai aktor utama tak pernah lelah untuk terus mencurahkan semangatnya agar FISIP ini selalu hidup dan nyaman ditempati. Semangat #SATUFISIP lah yang membuat mereka dengan bangga dan tulus menghidupkan FISIP UI.

Namun, tak semua mengetahui ragam cerita yang terjadi untuk menghidupi dan membanggakan FISIP. Tak semua tahu apa yang dilakukan dan dikorbankan untuk terus membuat FISIP hidup dan layak dibanggakan. Untuk itu, Bidang Hubungan Masyarakat BEM FISIP UI 2016 kembali menghadirkan FISIPRESIASI pada tahun ini.

FISIPRESIASI 2016 hadir sebagai wadah bagi mahasiswa FISIP untuk mengetahui beragam usaha yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP serta wadah untuk saling mengapresiasi berbagai pencapaian yang diraih oleh mahasiswa FISIP selama tahun 2016. Mengangkat tema Semarak Apresiasi, FISIPRESIASI 2016 berusaha membuat apresiasi menjadi hal yang menyenangkan dan meriah. Sama seperti FISIP yang selalu menyenangkan untuk ditempati dan tak pernah sepi dari hiruk pikuk hampir di setiap harinya.

Untuk menyebarkan cerita yang mengiringi FISIP selama setahun ini, FISIPRESIASI 2016 hadir melalui beragam bentuk. Pojok Kilas Balik akan hadir dari 5-8 Desember untuk merangkum cerita FISIP per bulannya. Mulai dari kegiatan yang diadakan di FISIP pada bulan itu, sampai pencapaian yang diraih mahasiswa FISIP pada bulan tertentu. Bahkan, beragam kejadian menarik yang terjadi di FISIP selama setahun ini bisa kalian baca di Pojok Kilas Balik. Selain itu, ada Kaleidoskop FISIP 2016 yang hadir untuk menceritakan lebih lengkap lagi berbagai cerita di FISIP selama setahun. Ditambah berbagai pandangan mahasiswa FISIP tentang rumahnya selama setahun ini. Tak lupa, ada Galeri Apresiasi yang dipajang pada 5-8 Desember agar warga FISIP bisa secara langsung mengetahui mahasiswa FISIP lainnya yang telah berjuang untuk kebanggaan FISIP.

Sebagai salah satu wadah apresiasi, FISIPRESIASI mengadakan kampanye #TerimaKasihBuat agar warga FISIP, terutama mahasiswa bisa mengapresiasi satu sama lain. Kampanye ini masih bisa diikuti hingga tanggal 8 Desember 2016 untuk diunggah di Line atau Instagram masing-masing.

Cerita FISIP selama 2016 akan ditutup di MALAM PUNCAK FISIPRESIASI 2016 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Desember 2016 di Lapangan Parkir Psikologi, Universitas Indonesia. Malam puncak akan dimeriahkan oleh penampilan kontingen FISIP untuk UI Art War seperti stand up comedy, band, solo vocal, vocal group, tari, deklamasi puisi, film, dan teater. Tak lupa karya seperti lukisan, mural, poster dan lainnya dipamerkan agar warga FISIP bisa kembali menikmati keindahan karya tersebut. Untuk semakin meramaikan suasana, Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 turut dimeriahkan oleh Somewhere Somewhere, Feast, dan Sisitipsi. Ada juga kudapan gratis yang bisa dinikmati sambil menyaksikan berbagai penampilan di Malam Puncak FISIPRESIASI 2016.

Maka dari itu, mari datang ke Malam Puncak FISIPRESIASI 2016 untuk merayakan cerita dan usaha kita selama setahun ini. Marilah datang untuk saling memberi selamat pada satu sama lain karena usaha dan pencapaiannya di tahun ini. Marilah datang untuk bertemu saudara se-FISIP yang menjadikan satu tahun yang kita lalui menjadi menyenangkan. Karena salah satu wujud apresiasi paling mudah adalah kehadiran.