Liputan Acara Liga FISIP UI 2018

 

 

Selasa, 1 Mei 2018

Liga FISIP UI 2018 merupakan kompetisi olahraga tahunan yang diadakan oleh BEM FISIP UI 2018. Liga FISIP UI sudah menjalani tahun ketiganya pada tahun ini. Liga FISIP UI 2018 merupakan satu-satunya acara kompetisi basket dan futsal Fakultas Rumpun Sosial-Humaniora se-Indonesia yang mengangkat isu sosial politik di bidang olahraga dan pada tahun ini mengangkat isu “Ketimpangan Infrastruktur pada Sektor Olahraga Akibat dari Kurang Optimalnya Peran Lembaga Olahraga”. Acara ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 23 April 2018 di Tifosi Sport Center dan Gymnasium Universitas Indonesia. Kompetisi basket dan futsal diikuti oleh 39 tim yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Cabang basket putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, cabang basket putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, cabang futsal putri dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan cabang futsal putra dimenangkan oleh Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta. Pemain terbaik dari cabang basket putri yaitu Fidela Faustina dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, pemain basket dari cabang basket putra yaitu Bobby Gillian Wibisono dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, pemain terbaik dari cabang futsal putri yaitu Rizki Nur Latifa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, sedangkan pemain terbaik dari cabang futsal putra yaitu Septian Alwi dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta.

Pembahasan isu dikupas tuntas dalam seminar yang mengundang pembicara ahli yang berkecimpung di bidang olahraga dan fasilitasnya baik dari organisasi independen maupun instansi pemerintahan. Adapun pembicara dalam seminar isu sosial politik yaitu Bapak Aris Subiono yang merupakan Sekretaris Deputi IV Kementrian Pemuda dan Olahraga, Habibie M.Pd yang merupakan perwakilan dari Bidang Dalam dan Luar Negeri Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Rizky Emirdhani Utama yang merupakan tenaga ahli komisi I DPR RI.

Selain kompetisi dan seminar, Liga FISIP UI 2018 juga mengadakan pre-event berupa Mini LIFIS dan coaching clinic. Mini LIFIS merupakan sebuah rangkaian acara di dalam Liga FISIP UI, yang merupakan kompetisi permainan video games e-sports dari Playstation dan personal computer seputar olahraga, seperti FIFA, Mobile Legends, dan jenis permainan lainnya.

 

Penulis: Erika Maya (dengan ubahan oleh Chandra Dwi A.)

Dokumentasi: Zulfi Zuliansyah, Yashqi Harashta, Fathurrahman K, Ismail Shabri, Rheina.A, Rifqi Aldrian, Tia Hanifa, Dzaky, dan Bertha.

Foto-foto Liga FISIP UI 2018 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI

Liputan Acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP

Kamis, 22 Maret 2018

Tahun yang baru maka kepengurusan dan semangat yang baru juga. Diperlukan sebuah acara untuk kita saling mengenal antar pengurus yang baru dan memperkenalkan serta mensosialisasikan elemen-elemen mahasiswa FISIP UI kepada seluruh mahasiswa FISIP UI. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan acara yang mempertemukan seluruh elemen-elemen FISIP, seperti komunitas dan lembaga, dengan seluruh mahasiswa FISIP agar mereka bisa mengetahui wadah yang di mana mereka bisa menyalurkan minat dan bakat mereka.

Peluncuran Akbar #SATUFISIP tahun ini membawa tema ‘FISIP Punya Kita’. Dengan membawa tema ini diharapkan acara ini dapat mengenalkan berbagai elemen FISIP UI. Dengan diperkenalkannya berbagai elemen FISIP UI yang ada, diharapkan kesadaran mahasiswa/i FISIP UI untuk berkontribusi dan menumbuhkan kedekatan bersama secara progresif untuk mencapai manfaat yang berkelanjutan sebagai satu kesatuan, yaitu #SATUFISIP. Tidak lupa juga pada tahun, Peluncuran Akbar #SATUFISIP diadakan di Taman Tunas Bangsa, taman yang baru selesai dibangun pada tahun ini. Sekedar fakta, Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan acara yang diadakan mahasiswa pertama yang berlokasi di Taman Tunas Bangsa, maka selain mengawali acara-acara yang akan diadakan di tahun ini, juga mengawali Taman Tunas Bangsa sebagai lokasi baru untuk berbagai acara atau kegiatan yang akan datang.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dan koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A. lalu, dilanjutkan perkenalan dari lembaga-lembaga dan komunitas-komunitas dengan mengenalkan secara singkat tujuan, nilai, program kerja, dan anggota kepengurusan masing-masing. Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2018 dimeriahkan dengan makan gratis dan penampilan dari Komunitas Tari FISIP (KTF) Radha Sarisha dan Komunitas Musik FISIP (KMF). Selanjutnya, acara ditutup dengan pernyataan sikap dari IKM FISIP UI tentang pentingnya nilai kehangatan dalam kedekatan #SATUFISIP dan dengan pembakaran obor oleh koordinator kemahasiswaan FISIP UI, Bhakti Eko Nugroho, S.Sos., M.A.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

* Penulis: Chandra Dwi Abdurahman (dengan ubahan oleh Rahardhian Ray)

* Dokumentasi: Zulfi Zuliansyah, Rayhan Mahendra, dan Rifqi Aldrian

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di Galeri BEM FISIP UI 

Newsletter BEM FISIP UI – Agustus 2016

[fruitful_btn]Unduh Dengan Mengklik Tombol Ini[/fruitful_btn]

Catatan Perjalanan FMD 2016

FISIP Masuk Desa 2016 : Aksi Nyata Kami Telah Terwujud

DEPOK, BEM FISIP UI – Setelah persiapan selama beberapa bulan—dimulai dari diskusi bersama peserta, panitia, dan fasilitator, susur desa ke Kampung Tegal Panjang, dan team building antara peserta dan panitia dalam Baper Bareng FMD—akhirnya, FISIP Masuk Desa 2016 siap melakukan pengabdian masyarakat bagi warga Kampung Tegal Panjang, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Sesampainya di sana, peserta langsung dibagi dan diantar menuju rumah indung semang masing-masing. Hari pertama ini disebut dengan Senen Wawawuhan atau Senen Berkenalan sehingga peserta mulai berkenalan dengan indung semangnya, mempelajari gaya hidupnya, dan mulai beradaptasi dengan lingkungan Kampung Tegal Panjang. Mulai dari yang disuguhi makanan dari buka puasa hingga menjelang tidur sampai yang mandi di kamar mandi tanpa atap di luar rumah.

fmd-1

 

Di hari kedua, Salasa Ngariung atau Selasa Berkumpul, para indung semang dan ibu-ibu lainnya diajak berkumpul di SD Sukamulya untuk mengikuti kegiatan Usaha Rakyat. Dalam kegiatan ini, ibu-ibu Kampung Tegal Panjang membuat keripik pisang—mulai dari mengupas pisang hingga menggoreng pisang tersebut—kemudian, menentukan sendiri bentuk logo dan nama keripik pisang tersebut karena akan dipasarkan di FISIP usai liburan semester genap ini. Hasil dari penjualan keripik pisang ini akan diberikan kepada ibu-ibu yang ikut serta dalam kegiatan ini.

fmd-2

Selanjutnya, peserta mulai mempersiapkan diri untuk kegiatan Dari FISIP untuk Tegal Panjang dengan target sasaran anak-anak Kampung Tegal Panjang yang telah direncanakan sejak Baper Bareng FMD. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok dongeng, kelompok origami, dan kelompok menyanyi. Kelompok dongeng membawakan dongeng berjudul Misteri Kulit Pisang yang mengajarkan anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak merugikan orang lain. Kelompok origami mengajarkan anak-anak untuk membuat origami—dengan dua sampai tiga peserta sebagai fasilitatornya—bentuk pakaian, pesawat terbang, dan lain-lain. Terakhir, kelompok menyanyi mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu Libur Telah Tiba dan Lihat Kebunku. Antusias dan semangat dari para peserta dan anak-anak Kampung Tegal Panjang membuat puasa hari itu tidak terasa.

fmd-3

Salasa Ngariung ditutup dengan buka puasa bersama—berupa gorengan, teh manis hangat, dan es buah—di depan rumah Pak RT.

Hari berganti dan FISIP Masuk Desa sudah memasuki hari terakhir. Disebut dengan Rebo Babagi atau Rabu Berbagi, karena peserta membagikan cerita dan pengalaman mereka selama tinggal di rumah indung semang masing-masing kepada peserta lainnya ketika jalan-jalan ke hutan pinus di pagi hari. Ada pengalaman yang senang, seram, canggung, takut, dan lain sebagainya. Kemudian, hari itu dialnjutkan dengan cek kesehatan dan pemberian obat gratis oleh ACT (Aksi Cepat Tanggap) di SD Sukamulya. Antusiasme warga Kampung Tegal Panjang cukup tinggi terlihat dari warga yang berdatangan secara bergantian mulai dari anak-anak hingga lansia.

fmd-4

Sesudah pengobatan gratis diadakan, peserta pamit kepada indung semang masing-masing dan siap untuk kembali ke Depok. Pamitan ini tak jarang diiringi dengan tangis dan doa dari para indung semang.

Tiga hari mungkin waktu yang tidak lama untuk melakukan pengabdian masyarakat, namun FISIP Masuk Desa berusaha untuk memberikan kegiatan yang bermanfaat, baik bagi warga Kampung Tegal Panjang maupun peserta dan panitia yang terlibat. Aksi nyata kami telah terwujud, tetapi tidak berakhir sampai di sini.

Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 : Saatnya Bergerak untuk Mengisi Setiap Ruang di FISIP

Senin, 21 Maret 2016

Depok- Pada Senin, 21 Maret 2016 lalu telah diselenggarakan Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Peluncuran Akbar #SATUFISIP merupakan sebuah acara untuk meluncurkan dan memperkenalkan seluruh lembaga dan komunitas yang ada di FISIP kepada seluruh warga FISIP dan Universitas Indonesia. Pada tahun ini, acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, membawa tema “Jinggaku, Rumahku”.

Selain itu, pada Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini, juga berusaha untuk memperkenalkan fokus permasalahan yang akan dibahas sepanjang pada tahun 2016. Melalui pembahasan Forbama (Forum Lembaga Mahasiswa), permasalahan yang diangkat untuk satu tahun ke depan adalah ruang publik. Ruang publik dalam konteks kali ini adalah fasilitas dan partisipasi. Forbama mengajak seluruh mahasiswa untuk meningkatan partisipasi mahasiswa yang dilakukan dengan penggunaan fasilitas ruang publik yang ada di lingkungan FISIP dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di FISIP. Sehingga, diharapkan seluruh warga FISIP merasa nyaman untuk melakukan kegiatan di FISIP dan kembali meramaikan dan menghidupkan setiap ruang-ruang yang ada di FISIP.

Untuk mengimplementasikan tema “Jinggaku, Rumahku”, Peluncuran Akbar #SATUFISIP kali ini mengangkat tema pesta rakyat yang sesuai dengan nilai yang dibawa tahun ini yaitu sederhana, nyaman, dan menyenangkan. Penggunaan tema “Pesta Rakyat”, dianggap sesuai dan dapat merepresentasikan kesederhanaan dan kenyamanan. Tema  Culbar tersebut, diturunkan dalam setiap mata acara dan kegiatan yang ada dalam acara Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan gratis yang disediakan di acara ini mulai dari berbagai macam gorengan, gulali, mie instan, hingga bakso. Suasana pesta rakyat makin terasa dengan adanya permainan seperti timpuk kaleng. Selain itu, sebagai buah tangan bagi para tamu undangan yang berasal dari BEM seluruh Universitas Indonesia adalah keong beserta rumah-rumahannya. Tidak hanya itu, sebagai bentuk perwujudan dari ruang publik, panitia menyediakan stan-stan yang diisi oleh para mahasiswa FISIP yang memiliki usaha pada sektor kuliner.

Acara utama adalah pengenalan lembaga yang akan ikut berkontribusi untuk menghidupkan FISIP selama setahun ke depan. Sebelum puncak acara, terdapat pembacaan puisi dari Kalmi Rama dan Gultor Azhar (Kriminologi 2013). Puncak dari acara ini adalah peluncuran Portal #SATUFISIP, yakni sebuah kanal media yang berisi seluruh jadwal kegiatan yang ada di FISIP sehingga seluruh mahasiswa FISIP dapat ikut meramaikan kegiatan tersebut dan bisa kembali meramaikan FISIP tercinta. Selain itu, ke depannya juga akan diluncurkan JinggaPeduli, Kalender ##SATUFISIP dan Rembuk #SATUFISIP. Keempat hal tersebut merupakan hasil diskusi BEM FISIP UI 2016 bersama dengan lembaga-lembaga lain yang tergabung dalam Forbama.

Dengan Peluncuran Akbar #SATUFISIP ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk mengawali setiap langkah mewujudkan setiap mimpi bagi #SATUFISIP.

*Penulis: Yasqi Harashta (dengan ubahan oleh Nurmalita Amelia dan Baptista Ezra DS)

* Dokumentasi: Sarah Annida, Muhammad Fahransyah, Qatrunnada Nadhifah, Misael Josua

Foto-foto Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat diakses di http://bit.ly/DokumentasiCulbar2016

Video Peluncuran Akbar #SATUFISIP 2016 dapat dilihat di  https://youtu.be/aWQBn9Y0ZD0